5 Aplikasi Database Terbaik Buat Project Anda

 

Aplikasi Database Terbaik – Database adalah kumpulan Data dan informasi yang tersembunyi secara sistematis di dalam suatu pc ataupun network( jaringan). Seluruh Data dan informasi yang tersimpan ditaruh dengan struktur yang bisa mempermudah konsumennya untuk mengakses dan mengolah Data yang diperlukan. Biasanya, sebagian besar Database diatur melalui sistem manajemen basis Data yang kerap juga disebut dengan DBMS( Database management system).

Database sendiri mempunyai banyak tipe mulai dari relational Database, object- oriented Database, noSQL Database, hingga cloud Database. Nah Database umumnya diakses dan diatur lewat bahasa pemrograman khusus basis Data seperti SQL dan XML ataupun melalui suatu aplikasi Database.

5 Saran Aplikasi Database

 

1. MySQL

Pilihan aplikasi Database kita yang pertama jatuh pada opsi klasik yang dipakai oleh banyak IT experts serta Database admin untuk mengatur Database relasional, MySQL. MySQL adalah salah satu aplikasi Database relasional open- source yang dikembangkan oleh Oracle Corporation, perusahaan software Database populer saat ini.

Aplikasi yang satu ini bisa dipakai dengan free dan mudah. Tidak hanya itu, konsumen juga tidak menginginkan perangkat dengan spesifikasi yang sangat besar. Dengan RAM 1GB saja, Kamu sudah bisa memakai aplikasi ini untuk Database Kamu. Tetapi tentunya estimasi ini terkait pada keinginan dan seberapa besar Database Kamu.

Jika Kamu menginginkan storage yang lebih besar, Kamu juga bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan MySQL hingga 1TB loh. Lebih baiknya, aplikasi Database ini juga mensupport bermacam macam bahasa pemrograman loh! Mulai dari C, C++, Java, Perl, PHP, Python, dan masih banyak lagi.

Fitur yang lain yang mungkin perlu Kamu cermati adalah query cache yang akan menyimpan seluruh query pada cache untuk cara loading yang lebih cepat.

2. Microsoft Access

Pilihan aplikasi Database kita yang kedua jauh pada Microsoft Access, salah satu software aplikasi tertua yang diluncurkan pada tahun 1992. Walaupun terlampau amat tua, aplikasi Database dari Microsoft ini sangat disukai oleh banyak pengembang, mulai dari kelas pendatang baru sampai kategori advanced.

Alasanya karena fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Access lumayan simpel dan juga gampang dipakai mulai dari report wizard, template, anchoring, sampai pdf reports. Tidak hanya itu, Database ini juga mempunyai fitur visual table yang akan memudahkan Kamu dalam membuat, mengedit, menghapus, dan mengecek tabel Data. Aplikasi Database Microsoft Access mempunyai hanya kapasitas sebanyak 2GB. Namun, Database ini sudah sangat cukup digunakan buat project pribadi ataupun bidang usaha kecil.

3. MariaDB

Tidak hanya kedua pilihan itu, aplikasi Database yang yang lain adalah MariaDB. Sama seperti MySQL, aplikasi ini bersifat open- source yang bisa dipakai secara free dengan cara penuh. Fitur- fitur yang dipunyai aplikasi yang satu ini cukup diacungi jempol. Salah satunya adalah ColumnStore yang mempermudah konsumen untuk menaikkan kapasitas storage.

Tidak hanya fitur itu, ada pula kolom dengan kompresi 10 kali untuk membantu konsumen mengerjakan dan menganalisa Data berukuran besar dengan lebih cepat. MariaDB dapat digunakan pada beberapa sistem operasi dan juga mensupport berbagai bahasa pemrograman seperti PHP dan masih banyak lagi.

4. Redis

Jika Kamu berencana untuk mengembangkan web, chatting platform, ataupun games, Redis adalah salah satu opsi yang perlu Kamu pikirkan. Aplikasi yang sering juga disebut dengan Remote Dictionary Server ini adalah Database non relasional yang memiliki performance tinggi dan juga mensupport fitur cache.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Database ini pun juga sangat banyak loh. Mulai dari fitur in- memory Data, pub atau sub, hingga redis sorted set. Skalabilitas dari aplikasi Database jenis ini pun juga lumayan bagus. Kamu bisa dengan gampang menambahkan node untuk megedarkan workload sehingga performance lebih normal.

5. Oracle

Aplikasi Database relasional yang lain yang cukup terkenal dan populer stabil adalah Oracle. Tidak cuma stabil, aplikasi ini juga memiliki performa besar walaupun dengan workload tinggi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur multi- user yang memungkinkannya untuk diakses dan dipakai berbarengan dengan user- user yang lain.

Tetapi jangan takut! Oracle mempunyai fitur Real Application Clustering yang secara otomatis menaikkan kapasitas penyimpanan dan kecepatan Data sesuai keinginan. Fitur- fitur favorit yang lain yang dimiliki aplikasi ini adalah high transaction processing performance, user manager dan lain sebagainya.

 

Penutup

Database memang merupakan salah satu bagian berarti dalam website maupun app development. Tanpa adanya Database, cara pengembangan akan jadi lebih rumit.

Nah di postingan ini kita sudah membahas sebagian aplikasi Database yang bisa Kamu coba untuk project Kamu bersama dengan review singkat dan juga harganya. Semoga Bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 5 Aplikasi Database Terbaik Buat Project Anda yang dipublish pada 19 January 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment