5 Aplikasi Desain Grafis di Komputer dan Android Terbaik

Aplikasi Desain Grafis-Desain Grafis ialah lukisan yang digunakan sebagai alat peyampai data ataupun komunikasi secara visual. Untuk membuat gambar grafis itu kita membutuhkan dorongan software atau aplikasi Desain. Untuk para Desainer profesional tentu sudah amat menguasai semua aplikasi Desain. Namun untuk Desainer grafis pendatang baru, pasti masih butuh informasi buat mengetahui aplikasi Desain Grafis yang sesuai untuknya.

Nah, postingan ini akan memberikan saran aplikasi yang bisa temen– temen gunakan untuk android ataupun Komputer. Tidak hanya itu karena aku juga akan meberikan keterangan sebentar tentang Desain online yang gratis. Meski aplikasi Desain yang offline juga sama– sama gratis. Dari banyak aplikasi Desain, aplikasi yang dihidangkan dalam postingan ini merupakan yang populer untuk dipakai pada Desainer, baik ahli maupun pendatang baru.

Berikut ini aku gambarkan beberapa aplikasi yang familiar dan populer dipakai pada perangkat Komputer ataupun pc.

 

1. Adobe Ilustrator

Salah satu aplikasi yang sering aku maanfaatkan. Entah mengapa. Yang tentu aplikasi Adobe Ilustrator tepat dipakai untuk Desain dengan jenis lukisan vector. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa untuk membuat gambar ilustrasi. Tidak hanya itu bisa digunakan untuk membuat sketsa, tipografi, logo, apalagi Desain yang lebih kompleks yang lain.

Dengan adobe ilustrator, Desain jadi lebih menarik serta lebih aksi. Semacam sebagian Desain edaran vektor( vector) ataupun Desain cover yang aku untuk diartikel yang lain. Buat memperoleh aplikasi Adobe Ilustrator amat banyak metode downloadnya di google. Ataupun membelinya secara resmi dengan harga yang cukup mahal.

2. Adobe Photoshop

Aplikasi edit foto besutan Adobe ini jadi yang paling terkenal digolongan Desainer fotografi. Sebab bisa mengahasilkan editing gambar yang luar biasa. Tidak hanya itu, Photoshop pula jadi andalan untuk membuat banner, poster, stiker dan yang lain. Dan termasuk aplikasi wajib yang harus dipunyai oleh digital printing atau percetakan.

Tools yang dimiliki Photoshop sangat komplit bagi sebuah aplikasi Desain. Seperti misalnya mengganti tone warna, menghilangkan latar belakang, menggabungkan beberapa foto serta manipulasi lukisan yang lain. Bagi pendatang baru manfaatkan tools editing dasar yang ada di Photoshop. Karena photoshop merupakan yang sangat terkenal, maka banya sekali video bimbingan di youtube yang bisa digunakan untuk berlatih.

3. Adobe InDesign

Aplikasi yang datang dari Adobe selanjutnya ini memiliki fungsi cocok namanya yakni Desain. Adobe InDesign sangat cocok untuk enDesain layout brosur, cover, novel, majalan online dan majalah digital. Karena kelebihan dari InDesign adalah membuat layout baik untuk mobile ataupun desktop.

Softwarenya lumayan gampang dipakai untuk pendatang baru, sebab membolehkan kita untuk melakukan drag and drop pada tiap layer. Tidak hanya itu juga dengan mudah kita dapat mengubah ukuran lukisan. Aplikasi InDesain ini memang tak sepopuler aplikasi yang lain seperti photoshop, corel draw ataupun ilustrator. Tetapi bisa jadi salah satu pilihan untuk dicoba.

4. Corel Draw

Aplikasi berikutnya merupakan Corel Draw, bisa dikatakan ini termasuk populer digolongan Desain Grafis gambar vektor. Oleh sebab itu sering disebut sebagai lawan dari Adobe Ilustrator. Betul, sebab bermain diarea yang sama ialah vector. Jika Photoshop menciptakan gambar bitmap, hingga Corel Draw menciptakan gambar vektor. Tahu perbedaan keduanya diartike lainnya, disini.

Selain Photoshop, Corel Draw juga jadi aplikasi andalan yang dipunyai digital printing atau percetakan. Seperti membuat Desain undangan, bungkus, logo, banner maupun sketsa. Corel Draw dapat membuat Desainer menciptakan Desain secara leluasa dan dapat membuat objek apapun.

5. InkScape

InkScape masuk dalam golongan aplikasi Desain gambar vector, yang menciptakan file dengan format SVG. InkScape juga tercantum perangkat grafik yang bisa penuhi standar XML dan CSS. Aplikasi ini bersifat cross- platform, ataupun bisa digunakan disemua OS semacam Windows, Mac serta Linux.

Karena karakternya yang open source, maka aplikasi ini bisa dikembangkan oleh siapapun dan tidak harus takut dengan lisensinya. Seperti aplikasi Desain vektor yang lain, InkScape bisa membantu kita untuk membuat sketsa serta gambar coretan. Tetapi fiturnya terbilang tidak selengkap yang dipunyai Corel Draw serta Adobe Ilustrator.

 

Penutup

Demikianlah 5 Aplikasi yang digunakan untuk Desain Grafis, baik di Komputer ataupun di Android. Dan ini adalah akhir pembahasan mengenai aplikasi Desain Grafis yang aku rekomendasikan. Baik untuk temen– temen yang pemula ataupun yang sudah handal. Mudah- mudahan Bermanfaat

 

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 5 Aplikasi Desain Grafis di Komputer dan Android Terbaik yang dipublish pada 13 April 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment