5 Hal Yang Perlu Diperhatikan sebelum Memilih Asuransi Kesehatan

 

Asuransi Kesehatan – Menyediakan asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga dan individu adalah keinginan yang hendaknya jadi prioritas finansial keluarga. Mempunyai perlindungan asuransi sejak dini bermaksud untuk mencegah dari resiko finansial yang mungkin terjadi bila salah satu anggota keluarga harus dirawat di rumah sakit dan menginginkan biaya yang tidak sedikit. Jangan sampai hal itu justru mengganggu tujuan finansial yang sudah direncanakan sejak dini. Memilih asuransi kesehatan terbaik untuk beberapa orang bukanlah hal yang gampang. Dalam menentukan asuransi kesehatan yang tepat buat keluarga ada sebagian hal yang wajib dipertimbangkan. Hal ini berhubungan dengan ketersediaan dana dan keinginan kesehatan keluarga. Pada postingan ini, mimin akan mendapatkan beberapa hal yang perlu dicermati sebelum memilah asuransi kesehatan.

Berikut merupakan cara memilih asuransi kesehatan pilihan keluarga dan individu.

1. Ketahui kebutuhan keluargamu

Sebelum memilah asuransi kesehatan,kalian sebaiknya mengenali kebutuhan kesehatan dari tiap anggota keluarga sebab hal ini akan pengaruhi besaran premi yang dibayarkan. Selaku contoh, jika salah satu anggota keluarga adalah tulang punggung keluarga maka ia wajib mempunyai plafon perlindungan yang lebih besar dari anggota keluarga yang lain. Hal lain yang perlu dipikirkan jika salah satu keluarga harus dirawat di ICU tentu perihal ini memerlukan biaya yang terkadang melebihi batas asuransi kesehatan. Maka dari itu kami menyarankan untuk memenuhi asuransi kesehatan dengan produk Hospital Cash Plan yang memiliki manfaat pergantian bayaran perawatan di ruang ICU.

Rekomendasi:   Cara Mengajukan Klaim Asuransi All Risk Dan TLO( Total Loss Only)

2. Hitung besaran premi yang sesuai budget

Besaran premi merupakan salah satu yang jadi estimasi dalam membeli asuransi kesehatan. Di masa digital semacam saat ini banyak industri asuransi yang menawarkan keringanan dalam membeli produk asuransi secara online. Salah satu web fasilitator produk asuransi dengan cara online yang menawarkan bermacam tipe produk seperti asuransi jiwa berjangka, asuransi kesehatan, dan asuransi musibah. Produk asuransi kesehatan dari kami bernama asuransi Bekal Perlindungan Sehat yang mempunyai besaran premi yang relatif ekonomis, mulai dari Rp 60. 000 per bulan. Produk ini juga mempunyai manfaat pembayaran setiap hari untuk rawat inap sebesar Rp 150. 000 atau hari sampai dengan Rp 500. 000/ hari sesuai dengan paket yang dipilih. Jika dibutuhkan rawat inap di ICU maka produk ini mempunyai khasiat pembayaran harian untuk rawat inap ICU sebesar Rp 350. 000/ hari hingga dengan Rp 1. 000. 000/ hari sesuai dengan paket yang dipilih. Bila selama satu tahun tidak melakukan klaim maka akan diserahkan No Claim Bonus berupa diskon premi sebesar 20% dari bonus yang akan dibayarkan ditahun selanjutnya.

3. Pembayaran Manfaat Asuransi: Cashless atau Reimbursement

Terdapat 2 tata cara pembayaran manfaat asuransi kesehatan yang perlu dikenal dalam memilih asuransi kesehtan terbaik. Pertama adalah cashless, pembayaran asuransi tipe ini memakai kartu asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi untuk dipakai saat berobat di rumah sakit ataupun klinik rekanan. Kalian tidak perlu membayar tagihan pemeliharaan rumah sakit saat itu juga, tetapi sebagian Perusahaan Asuransi menetapkan pembayaran 10% dari jumlah tagihan. Kedua merupakan reimbursement, kalian membayar dahulu tagihan rumah sakit setelah itu melakukan klaim ke perusahaan asuransi sesuai metode reimbursement dan industri asuransi akan membayarkan sesuai dengan manfaat dan determinasi polis. Terdapat juga pembayaran manfaat yang menggunakan reimbursement tetapi besaran pembayaran khasiat hariannya sudah ditentukan tanpa memperhatikan tagihan rumah sakit. Produk semacam ini disebut Hospital Cash Plan. Asuransi kesehatan yang dijual dengan cara online ini mempunyai manfaat pembayaran harian hingga dengan 45 hari.

Rekomendasi:   Cara Mengajukan Klaim Asuransi All Risk Dan TLO( Total Loss Only)

4. Pastikan jaringan rumah sakitnya

Tidak hanya premi yang murah, estimasi yang lain adalah jaringan rumah sakit yang luas. Hal ini jadi salah satu yang perlu dicermati saat memilah asuransi kesehatan. Kalian perlu memeriksa terlebih dulu apakah rumah sakit langganan keluarga masuk dalam daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi itu atau tidak. Jika tidak, maka perlu dicermati jumlah rumah sakit yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal. Ini akan memudahkan sahabat dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

5. Kemudahan dalam pengajuan klaim

Pertimbangan terakhir merupakan kemudahan saat pengajuan klaim. Kalian wajib membaca dengan seksama cara melakukan klaim dan dokumen apa saja yang diperlukan. Dokumen seperti formulir pengajuan klaim, surat keterangan dokter, kwitansi asli, hasil pemeriksaan, serta KTP umumnya diperlukan untuk pengajuan klaim, spesialnya reimbursement.

 

Penutup

Itulah cara memilih asuransi kesehatan terbaik dan tepat untuk keluarga dan individu dari kita. Jika kawan sudah mempertimbangkan semuanya, pastilah asuransi pilihan kawan akan jadi asuransi terbaik buat pribadi dan keluargamu. Mudah- mudahan Bermanfaat

 

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan sebelum Memilih Asuransi Kesehatan yang dipublish pada 16 January 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment