Apa Itu Jailbreak? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

SinauNews – Apa Itu Jailbreak, apple adalah salah satu perusahaan yang cukup ketat dalam mengelola layanan yang dimilikinya, termasuk dalam hal pengembangan sistem operasi perangkat selulernya, iOS. Tentu saja ada alasan khusus mengapa Apple melakukan hal tersebut, yang paling logis adalah untuk melindungi penggunanya dari berbagai ancaman. Meskipun demikian, banyak pengguna perangkat seluler Apple yang berusaha untuk menghilangkan batasan ini agar mereka bisa mendapatkan lebih banyak kebebasan dengan metode yang populer disebut jailbreak.

Apa Itu Jailbreak?

Jailbreak adalah teknik yang memungkinkan perangkat iOS seperti iPhone dan iPad untuk memiliki lebih banyak kebebasan. Seperti namanya, jailbreak berarti “membebaskan dari penjara” yang sangat cocok untuk menggambarkan iOS yang terbatas dan kaku. Dengan melakukan jailbreak pada iOS, Anda akan dapat memiliki kontrol yang lebih besar atas iPhone dan iPad Anda, seperti menambah fitur, tweak, tema, dan lain-lain. Bahkan, banyak fitur yang tidak tersedia di iOS dapat dilakukan dengan jailbreak. Contoh sederhana adalah tema, Anda tidak akan dapat mengubah tema di perangkat iOS seperti iPhone dan iPad, hanya dapat mengganti wallpaper. Namun dengan jailbreak Anda dapat menggunakan berbagai tweak dan tema yang tidak akan pernah Anda temukan di iOS tanpa jailbreak, karena developer aplikasi tidak diizinkan oleh Apple untuk membuat aplikasi yang mengubah sistem terlalu jauh.

Jenis Metode Jailbreak

Secara global, terdapat dua jenis jailbreak yang dapat digunakan oleh para pengguna iOS untuk membuka akses ke beberapa fitur dalam sistem operasinya. Dua jenis tersebut adalah tethered dan untethered.

1. Jailbreak Tethered

Jailbreak jenis ini membutuhkan koneksi dengan komputer untuk meng-boot perangkat ke mode jailbreak. Konsep dasar jailbreak tethered sudah lama ada, tetapi pada dasarnya artinya adalah setiap kali iPhone, iPad, atau iPod Touch Anda restart atau mati karena kehabisan baterai atau faktor lainnya, Anda harus mengulangi proses tethered dari awal yaitu menghubungkan perangkat iOS Anda ke komputer, sehingga perangkat dapat di-boot dengan bantuan aplikasi jailbreak.

2. Jailbreak Untethered

Jailbreak jenis ini lebih disukai oleh pengguna iOS, karena tidak membutuhkan koneksi dengan komputer setiap kali restart atau mati iPhone, kecuali pada tahap awal saja ketika melakukan jailbreak untethered. iPhone bisa di-reboot sebanyak mungkin tanpa harus melakukan tether kembali dengan komputer untuk meng-boot. Jika baterai perangkat habis, maka tidak menjadi masalah, cukup diisi ulang baterai maka bisa boot seperti biasa dalam keadaan sudah di-jailbreak.

Proses Jailbreak

Menurut laman isooper, pada umumnya proses jailbreak dilakukan dengan cara mengeksploitasi perangkat keras dan perangkat lunak. Proses exploit ini dibagi dalam beberapa kategori, diantaranya seperti Userland Exploit, iBoot Exploit, dan Bootrom Exploit.

Berikut pengertian ringkasnya:

1. Userland Exploit

Jailbreak userland memberikan akses pada tingkat pengguna, tetapi tidak dapat mengakses iBoot. Exploit jenis ini dapat diperbaiki atau di-patch jika pengguna memperbarui firmware-nya.

2. iBoot Exploit

Jailbreak jenis iBoot ini mengakses pada tingkat pengguna dan level iBoot. Sama halnya dengan userland exploit, iBoot juga dapat di-patch ketika firmware di-update.

3. Bootrom Exploit

Bootrom memungkinkan akses pada tingkat pengguna dan tingkat iBoot. Namun, jenis iBoot ini tidak dapat di-patch meskipun pengguna memperbarui firmware. Exploit Bootrom membutuhkan kemampuan Apple untuk memperbarui bootrom atau update hardware untuk mencegah perangkat yang telah di-jailbreak.

Apakah Kelebihan Jailbreak?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perangkat yang sudah melakukan jailbreak dapat diubah dan dimodifikasi lebih lanjut. Hal ini karena pengguna telah mendapatkan akses ke beberapa fitur yang sebelumnya terblokir. Salah satu contohnya adalah pengguna dapat mengubah tema dengan lebih bebas. Dengan metode ini, pengguna dapat memasang tema yang sebelumnya tidak tersedia di App Store.

Contoh kedua, pengguna juga dapat menerapkan tweak setelah melakukan jailbreak. Bagi yang belum tahu, tweak adalah istilah yang menggambarkan modifikasi kecil yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja sistem.

Apa Kekurangan dan Risiko Jailbreak?

Apakah jailbreak ilegal atau legal? Hal ini tergantung dari perspektif yang digunakan. Jika ilegal dikaitkan dengan hukuman seperti penjara, maka jawabannya tidak, tidak ilegal. Namun, di mata Apple, jailbreak tetap dianggap sebagai tindakan ilegal karena melanggar beberapa ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Meskipun tidak akan pernah dihukum karena melakukan jailbreak pada iPhone atau iPad Anda, jailbreak dianggap sebagai tindakan yang melanggar beberapa ketentuan yang ditetapkan oleh Apple, seperti garansi dan jaminan akan hilang. Risiko jailbreak yang harus dihadapi adalah program berbahaya seperti malware, virus, spyware, dan lain-lain. Ini sangat wajar karena jailbreak membuat iOS tidak aman dan rentan terhadap serangan.

 

Demikian ulasan mengenai Apa Itu Jailbreak? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya, semoga mudah kalian pahami serta bisa menambah wawasan buat kalian ya. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa Itu Jailbreak? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya yang dipublish pada 13 January 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment