Apa Itu Pop Up ? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

Apa Itu Pop Up ?

Apa Itu Pop Up ? – Jika dilihat secara teknis, pop up adalah jendela yang muncul di layar depan antarmuka visual. Pop up juga dapat muncul saat menjalankan suatu aplikasi. Kehadiran pop up bergantung pada pilihan pengguna atau pengaturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pop up muncul di layar gadget pengguna setelah melakukan tindakan seperti menekan tombol tertentu atau melakukan gerakan spesifik. Ketika layar smartphone terkunci, jendela notifikasi yang muncul di layar depan juga dapat disebut sebagai pop up jenis notifikasi.

Jenis – Jenis Pop Up

Pop up dalam gadget milik pengguna pun memiliki berbagai jenis. Perbedaan jenis ini dikategorikan berdasarkan tujuan dan bentuknya. Berikut jenis-jenis pop up:

1. Pop up aplikasi

Jenis pertama pop up adalah pop up aplikasi. Pop up ini dikeluarkan oleh aplikasi yang telah diunduh pada perangkat milik pengguna dan biasanya menggambarkan suatu kegiatan, pesan masuk, kebutuhan pembaharuan aplikasi, atau iklan. Pop up ini umumnya muncul secara otomatis di layar perangkat pengguna.

2. Pop up dialog box

Jenis pop up berikutnya adalah dialog box. Tujuan pop up dialog box adalah memberitahu pengguna perangkat untuk mengkonfirmasi sesuatu atau memberikan peringatan. Ketika terdapat kesalahan saat menginput data atau melakukan sesuatu yang tidak benar, pop up dialog box akan muncul.

3. Pop up iklan

Pop up iklan merupakan pemberitahuan layanan atau elemen dalam suatu aplikasi. Biasanya, jenis iklan pop up berisi poster, flyer atau infografis untuk memasarkan produk atau jasa dalam aplikasi tersebut. Umumnya, iklan pop up aman untuk diklik oleh pengguna. Namun pop up iklan yang muncul pada situs web ilegal seperti streaming film ilegal, situs web yang berisi software cheat atau alat untuk hacking berpotensi menyebabkan virus pada perangkat Anda.

4. Pop up notifikasi sistem

Salah satu jenis pop up adalah notifikasi sistem yang hadir dengan tujuan untuk memberitahu kondisi sistem pada perangkat. Jika salah satu fitur pada perangkat Anda mengalami error, maka pop up notifikasi sistem akan muncul dalam bentuk jendela pada layar Anda.

5. Pop up pengaturan

Pop up juga bisa muncul pada PC atau laptop pribadi Anda. Pada layar utama Anda, klik kanan dan akan muncul pop up untuk mengatur tindakan yang diinginkan. Contohnya pada sistem operasi Windows, tindakan ini akan menghadirkan opsi untuk Sort By, View, Refresh, New, dan sebagainya.

Beberapa Fungsi dari Pop Up

Setelah mengetahui pengertian dari pop-up, selanjutnya Anda juga harus mengetahui mengenai fungsi dari pop-up. Apa saja fungsinya? Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Menampilkan menu

Salah satu fungsi pop-up yang sederhana adalah untuk menampilkan menu. Misalnya, ketika Anda melakukan klik kanan pada laptop atau mouse perangkat Anda. Kemudian, akan muncul menu-menu yang menampilkan pop-up. Anda kemudian dapat mengelola file tersebut dan memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Menyampaikan notifikasi

Fungsi pop-up berikutnya adalah untuk menyampaikan notifikasi dari sistem perangkat Anda atau dari aplikasi pada ponsel Anda. Dengan adanya pop-up, biasanya akan memberikan informasi tentang pesan yang baru masuk, proses download sudah selesai, atau yang lainnya. Biasanya, pop-up notifikasi yang masuk terdapat tombol untuk melakukan tindakan lebih lanjut, misalnya tombol untuk membalas pesan.

3. Memberikan peringatan

Fungsi pop-up pada perangkat Anda berikutnya adalah untuk memberikan peringatan, bahkan peringatan yang bersifat buruk. Salah satu contohnya adalah ketika Anda ingin membuka aplikasi, kemudian muncul pop-up yang berisi informasi bahwa aplikasi tersebut tidak bisa dibuka karena aplikasi tidak merespon.

4. Sebagai media promosi

Selain digunakan untuk menyampaikan informasi penting, pop-up juga dapat dijadikan sarana promosi suatu produk atau jasa di website atau aplikasi. Misalnya, ketika Anda membuka suatu website, kemudian Anda akan melihat pop-up yang muncul disertai dengan promosi atau diskon yang ditawarkan.

Cara Mengatasi Pop up yang Mengganggu

Terkadang kita menemui Pop Up iklan yang benar-benar menutupi layar sehingga benar benar sangat mengganggu, terlebih lagi ketika bermain game di ponsel. Berikut adalah beberapa cara untuk Mengatasi Pop up yang Mengganggu :

1. Menggunakan aplikasi Adblock

Aplikasi Adblock sangat berguna bagi para pengguna yang sering menemui iklan yang menganggu. Aplikasi Ad Blocker bekerja dengan memblokir iklan yang masuk. Anda dapat menemukan banyak aplikasi adblock baik di komputer maupun di handphone. Namun, tidak semua aplikasi adblock bekerja dengan baik.

2. Upgrade / berlangganan akun menjadi akun premium

Tips kali ini masih berhubungan dengan tips pertama, di mana aplikasi adblock tidak semuanya gratis, sehingga Anda harus berlangganan agar aplikasi adblock bekerja dengan maksimal. Beberapa aplikasi atau game juga menggunakan sistem seperti ini, di mana para pengguna bisa menghilangkan iklan yang mengganggu dengan cara meng-upgrade akun menjadi akun premium.

3. Tidak membuka situs web yang ilegal

Tips terakhir adalah sebaiknya Anda menghindari mengakses situs-situs ilegal. Banyak malware yang siap untuk menyusup ke sistem perangkat Anda dan memata-matai aktivitas di perangkat Anda dan akan melakukan spam iklan secara terus-menerus.

 

Nah itulah ulasan mengenai Apa Itu Pop Up ?, semoga ulasan diatas mudah kalian pahami dan bisa dijadikan sebagai bahan wawasan yang nantinya bisa bermantaa untuk kalian. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa Itu Pop Up ? Berikut Penjelasan dan Fungsinya yang dipublish pada 30 December 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment