Aplikasi Berbasis Web Pengertian Jenis Dan Contohnya

Aplikasi Berbasis Web – Trend berbisnis saat ini adalah dengan menggunakan sebagian teknologi canggih untuk menolong dalam meningkatkan omset penjualan. Seperti membuat website, aplikasi dan lain sebagainya. Tetapi, seperti yang telah kita tahu kalau teknologi tidak jalan di tempat, melainkan berjalan maju untuk melangkah lebih jauh.

Pada saat ini, telah banyak aplikasi yang muncul namun Berbasis Website. Artinya aplikasi itu mirip dengan yang ada di website. Kita sebut saja seperti facebook, twitter, yahoo mail, gmail dan lain sebagainya yang sudah terlebih dahulu menggunakan aplikasi Berbasis Website.

Perangkat lunak ataupun aplikasi pada saat ini memang sudah banyak di gunakan oleh Perusahaan besar untuk memuat informasi secara resmi pada publik. Tetapi, hal itu saat ini telah di tinggalkan dan beralih dengan menggunakan aplikasi web. Karena aplikasi Berbasis Website ini di rasakan bisa mengatasi permasalahan yang sering muncul kala sedang menggunakan aplikasi.

 

Pengertian Aplikasi Berbasis Web

 

Perlu diketahui, aplikasi Berbasis Web merupakan aplikasi yang pada waktu itu dibesarkan dengan menggunakan Bahasa pemrograman terkenal, ucap saja HTMl, PHP, CSS& Js. Tentunya hal itu nyatanya membutuhkan web server dan pula browser yang berperan dapat menjalankan Chrome, Firefox ataupun bahkan Opera.

Selain dari itu, aplikasi web bisa bekerja pada jaringan internet serta juga intranet, data yang terpusat dan kemudahan dalam mengaksesnya. Hal yang sangat diuntungkan adalah Kamu tidak membutuhkan banyak sumber daya dari sisi hardware ataupun software, tentunya hal itu berlainan dengan aplikasi berbasis desktop dan ponsel pintar.

Para pengguna juga tidak perlu menginstal terlebih dahulu para perangkat kepunyaan konsumen tersebut, sebab konsumen hanya membutuhkan internet dan web browser untuk dapat mengaksesnya.

 

Jenis Aplikasi Berbasis Website

 

Setelah Kamu mengenali apa itu aplikasi Berbasis Web, hal selanjutnya merupakan mengenal apa saja tipe dari aplikasi Berbasis Web, ikuti sebagai berikut:

1. Sosial Media Berbasis Web

Tipe yang pertama adalah web media sosial yang bisa digunakan oleh para konsumen untuk saling tersambung satu sama lain dengan konsep obrolan online secara cepat dan real time.

Contohnya: Facebook, Instagram, Twitter dsb.

2. Sistem Informasi Berbasis Web

Tidak hanya untuk berkomunikasi, website juga bisa dipakai untuk membantu kegiatan dan pekerjaan orang jadi lebih mudah.

Alhasil dengan begitu, pekerjaan orang akan dilakukan dengan tersistem, terpusat dan termonitoring dengan baik dan terlihat di aplikasi. Nah, saat ini dikenal dengan istilah sistem informasi.

Walaupun begitu, sistem informasi dibagi jadi sebagian bagian lagi, hal itu tergantung pada kebutuhan dari bidang pekerjaan masing– masing.

Contohnya: Sistem informasi koperasi, Hospital Management dan lain- lain.

3. Search Engine

Pastinya Kamu hampir tiap saat mengunjungi aplikasi Berbasis Web ini. Mesin pencari bisa memperoleh informasi ang tepat dan akurat cuma dalam hitungan detik saja.

Contohnya: Google, Yahoo, Youtube dan sebagainya.

4. Web Jual Beli&Bisnis

Banyak sekali manfaat web yang dapat kita maanfaatkan, salah satunya adalah melakukan bisnis untuk jual beli secara online.

Ataupun biasa dikenal dengan e- commerce. Nah, dengan menggunakan e- commerce, Kamu akan menemukan banyak hal yang nyatanya Kamu butuhkan terkait dengan produk barang atau bahkan jasa.

Contohnya: Tokopedia, Shoppe, Bukalapak serta lain- lain.

5. Web Berita

Tipe aplikasi Berbasis Web berikutnya merupakan berita, yang bisa menampilkan beberapa informasi secara real time dari seluruh dunia.

Contohnya merupakan Detik, Kompas, Kumparan dan lain sebagainya.

6. Aplikasi Web Browser

Selanjutnya adalah aplikasi browser yang ialah sebuah perangkat lunak yang berguna untuk dipakai membuka dan menjalankan halaman web.

Contohnya: Google Chrome, Microsoft Edge, Opera dan lain sebagainya.

7. Aplikasi Web Server

Web server adalah suatu perangkat lunak yang dimana Anda bisa menerima permintaan dan mengirimkan respon kedalam protokol HTTP.

Dalam proses implementasinya, pastinya sudah terprogram dengan sangat bagus dan dibantu oleh bahasa pemrograman server side atau istilah kerennya merupakan back end.

Contohnya: Nginx, XAMPP, Apache Tomcat dan lain sebagainya

 

Contoh Aplikasi Web Server

 

Berikut ini adalah sebagian contoh dari aplikasi web server yang sudah populer telah lama, sebagai berikut:

1. Website Pemerintahan

Website instansi kepunyaan Pemerintahan banya sekali yang digunakan untuk kepentingan sosialisasi, pengarahan atau apalagi penyampaian informasi secara kilat dan tepat.

Contohnya: Kemdikbud, kemenkes dsb.

2. Gmail

Gmail adalah suatu aplikasi yang dilahirkan oleh Google untuk membuat akun email, mengirim dan menerima pesan email.

Sampai saat ini, gmail jadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa di tinggalkan, sebab email menjadi hal penting buat melamar pekerjaan, mendaftar aplikasi serta lain sebagainya.

 

 

Aplikasi Berbasis web saat ini sangat berarti untuk digunakan dan bisa dikembangkan jika menggunakan Bahasa pemrograman web yang bisa berjalan dari bagian clien&membutuhkan web server sampai dengan web browser buat menjalankannya. Mudah – mudahan Berguna

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Aplikasi Berbasis Web Pengertian Jenis Dan Contohnya yang dipublish pada 25 December 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment