Asuransi Kesehatan Jenis Dan Pilihan Asuransinya Buatmu

 

Asuransi Kesehatan – Asuransi kesehatan ialah jenis proteksi asuransi yang menanggung biaya medis, operasi, obat- obatan, dan sejenisnya untuk tertanggung ataupun pemegang polis. Asuransi ini bisa mengganti pengeluaran medis akibat sakit ataupun terluka, dan membayar biaya perawatan medis secara langsung.

Tidak ada yang pasti di dunia ini, ada hal- hal buruk yang bisa terjadi secara tiba- tiba. Oleh sebab itu, penting untuk tiap orang mempunyai asuransi, terutama asuransi kesehatan. Dalam perencanaan finansial, asuransi menjadi perihal penting untuk dimiliki setelah menata finansial dan membuat budgeting.

Asuransi juga dapat mengamankan anggaran darurat serta tabungan Kamu. Jadi, ketika Kamu dan keluarga tiba- tiba sakit sampai menginginkan biaya penyembuhan besar, asuransi akan menanggungnya sebagian atau penuh sesuai dengan perjanjian polis. Berikut akan kita berikan saran asuransi kesehatan terbaik yang murah di bawah ini:

Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memiliki beberapa jenis yang dikelompokan berdasarkan pengelola anggaran, biaya perawatan, metode pembayaran, biaya yang ditanggung, serta pihak tertanggung. Berikut pembahasan selengkapnya.

1. Berdasarkan Pengelola Dana

– Asuransi yang diatur oleh pemerintah, ialah BPJS Kesehatan. Semua masyarakat Indonesia diharuskan untuk mempunyai BPJS ini dan premi bulanannya juga lumayan terjangkau dengan cover fasilitas yang sangat mencukupi.

– Asuransi yang dikelola oleh perusahaan swasta. Untuk asuransi swasta ada banyak industri yang menawarkan, jadi penting melakukan survey dan komparasi untuk asuransi kesehatan terbaik.

Rekomendasi:   Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia Saat Ini

2. Berdasarkan Perawatan

– Rawat inap: Pihak perusahaan asuransi akan menanggung biaya bila peserta asuransi harus menjalani rawat inap.

– Rawat jalan: Pihak industri asuransi akan menanggung biaya penyembuhan peserta asuransi yang berupa jasa medis tanpa menginap di fasilitas kesehatan. Biaya yang biasa dicover adalah biaya diagnosis dokter, obat, laboratorium, rehabilitasi, dan yang lain.

3. Berdasarkan Metode Pembayaran

– Cashless: Peserta tidak perlu memakai uangnya sendiri terlebih dahulu. Peserta asuransi cukup menunjukkan kartu anggota saja.

– Reimbursement: Peserta asuransi perlu untuk melunasi dulu biaya perawatan kesehatan kemudian melakukan klaim ke perusahaan asuransi untuk diganti.

4. Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

– Tanggungan total: Pihak penyedia asuransi akan menanggung semua biaya perawatan kesehatan, mulai dari deteksi dini, diagnosis dokter, pengobatan, rehabilitasi, rawat inap, dan yang lain.

– Tanggungan tertinggi: Pihak penyedia asuransi cuma menanggung biaya- biaya perawatan kesehatan yang tertinggi. Misalnya, biaya rawat inap, sedangkan biaya pemeriksaan awal tidak dijamin.

5. Berdasarkan Pihak Tertanggung

– Kelompok atau kolektif: Asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pada kelompok khusus, misalnya asuransi kesehatan buat keluarga ataupun karyawan.

– Pribadi: Asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pada satu orang saja, sesuai dengan polis asuransi yang ditawarkan.

 

Pilihan Asuransi Kesehatan Murah Terbaik di Indonesia

Agar Kamu tidak salah memilah perusahaan dan produk asuransi kesehatan murah untuk Kamu dan keluarga, berikut saran dari CekPremi. Adapun semua asuransi swasta yang tercantum di bawah ini ialah industri asuransi yang sudah tertera di OJK.

1. BPJS Kesehatan

Pilihan asuransi kesehatan murah yang pertama merupakan BPJS kesehatan. Asuransi sosial ini mempunyai sarana dan pertanggungan yang cukup komplit dengan harga terjangkau. Besaran iuran BPJS Kesehatan pada 2021 adalah sebagai berikut:

  • – Iuran BPJS Kesehatan Kategori 1: Rp 150. 000
  • – Iuran BPJS Kesehatan Kategori 2: Rp 100. 000
  • – Iuran BPJS Kesehatan Kategori 3: Rp 35. 000
Rekomendasi:   Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia Saat Ini

2. Asuransi Sinarmas

Sinarmas adalah salah satu industri asuransi terbaik di Indonesia dengan berbagai opsi programnya. Untuk asuransi kesehatan sendiri tersedia 2 opsi, ialah Simas Sehat Corporate untuk menjamin kesehatan karyawan industri bersama keluarganya dan individual untuk menjamin kesehatan perorangan.

Beberapa keunggulannya antara lain:

  • – Fasilitas pembayaran cashless di rumah sakit rekanan Sinarmas
  • – Tidak memerlukan pengecekan kesehatan ketika melakukan pendaftaran asuransi kesehatan
  • – Pembayaran premi asuransi kesehatan bisa dicicil atau autodebit dan lainnya

3. Asuransi Manulife

Manulife memiliki beberapa program asuransi kesehatan murah yang bisa disesuaikan dengan keinginan Kamu dan keluarga. Mulai dari MiUltimate HealthCare( MiUHC) yang ialah produk asuransi kesehatan dasar, kemudian asuransi kesehatan ProHealth yang memberikan proteksi secara menyeluruh. Kelebihan asuransi Manulife:

  • – Sistem cashless
  • – Bisa daftar asuransi secara online
  • – Tersedia pula tambahan program, seperti penyakit kritis ataupun kecelakaan
  • – Rekan rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia dan layanan nasabah 24 jam

4. Asuransi AXA Mandiri

Axa menghadirkan berbagai pilihan asuransi yang sangat komplit. Mulai dari fasilitas asuransi basic, pro, bahkan proteksi buat penyakit kritis dan kanker. Jadi, nasabah bisa memilah sesuai dengan kebutuhannya masing- masing. Beberapa kelebihan asuransi Axa:

  • – Pilihan produk lengkap
  • – Pelayanan kesehatan serta klaim 24 jam
  • – Layanan pembayaran cashless di rumah sakit dengan kartu anggota
  • – Fasilitas cicilan premi 0% buat pembayaran premi tahunan mulai dari 3, 6, 9, dan 12 bulan

5. Asuransi FWD

FWD ialah industri asuransi yang sebelumnya diketahui dengan nama PT Commonwealth Life. Resmi bergabung dengan PT FWD Life Indonesia pada 1 Desember 2020. FWD mengeluarkan beraneka ragam asuransi kesehatan.

Rekomendasi:   Asuransi Kesehatan Pengertian dan Manfaatnya Perlu Kamu Tahu

Salah satu produk asuransi kesehatan dari FWD adalah Asuransi FWD Bebas Handal. Dengan biaya premi cuma Rp75. 000, FWD menawarkan berbagai manfaat garansi, seperti:

  • – biaya perawatan rawat inap,
  • – biaya obat,
  • – biaya cek laboratorium,
  • – biaya dokter dan biaya perawatan yang lain.

6. Asuransi Cigna

Industri asuransi Cigna menawarkan produk asuransi kesehatan murah berkualitas, yaitu Cigna Health Protection. Kamu bisa merasakan manfaat pertanggungan asuransi kesehatan ini cuma dengan membayar premi sebesar Rp36. 000 saja setiap bulannya.

Walaupun preminya sangat murah, Cigna tetap membagikan khasiat garansi semacam asuransi kesehatan yang lain, ialah:

biaya santunan perawatan rumah sakit hingga Rp1 juta per harinya dan apabila sepanjang 2 tahun masa garansi kamu tidak melakukan klaim manfaat garansi, maka Kamu berhak mendapatkan tambahan 25 persen dari total totalitas premi yang sudah dibayarkan.

 

Penutup

Mungkin itu yang bisa kami uraiakan mengenai Asuransi Kesehatan Jenis Dan Pilihan Asuransinya Buatmu, dengan memahami beberapa point yang kami sampaikan semoga bisa memudahkan kalian dalam pemilihan jenis asuransi kesehatan yaaa. Semoga Bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Asuransi Kesehatan Jenis Dan Pilihan Asuransinya Buatmu yang dipublish pada 10 October 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment