Asuransi Kesehatan Pengertian dan Manfaatnya Perlu Kamu Tahu

 

Asuransi Kesehatan Pengertian dan Manfaatnya – Asuransi kesehatan ialah sebuah variasi produk asuransi yang secara khusus menjamin kesehatan ataupun perawatan para membernya seandainya mengalami jatuh sakit ataupun kecelakaan. Mengingat dengan pengertian asuransi kesehatan itu, asuransi kesehatan akan meng- cover perawatan selama yang diinginkan peserta asuransi saat sakit apalagi jika mengalami kecelakaan. Layanan kesehatan yang di- cover asuransi ini mencakup rawat inap dan rawat jalan dan obat yang diperlukan.

Alasan Wajib Memiliki Asuransi Kesehatan

Premi asuransi saat ini cenderung ekonomis, tetapi manfaat yang didapat juga tak maksimal. Kamu perlu memahami semua produk asuransi kesehatan yang terdapat di pasaran termasuk pengalaman mereka dalam menangani klaim anggotanya. Cermati betul- betul semua klausul yang ada pada polis. Jika tidak, Kamu malah dibebani justru pada saat sangat menginginkan asuransi hanya sebab layanan kesehatan itu tidak dijamin asuransi.

Masa depan memang tidak bisa diprediksi. Walaupun Kamu sudah berjaga- jaga dalam menjaga kesehatan dan menghindari penyakit, tidaklah cukup. Kamu harus mempunyai perlindungan ialah asuransi kesehatan. Minimal Kamu memiliki Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial( BPJS) Kesehatan sebagai asuransi dasar. Jika suatu saat Kamu mengalami musibah, asuransi bisa membantu memudahkan beban Kamu. Maka dari itu, pilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan Kamu.

Rekomendasi:   Asuransi Kesehatan Jenis Dan Pilihan Asuransinya Buatmu

Keuntungan Asuransi Kesehatan

Tidak cuma memberi manfaat pada diri sendiri dan keluarga, terdapat kegunaan lain dari asuransi kesehatan seperti yang dijabarkan berikut ini.

1. Membantu Mengendalikan Keuangan

Manfaat asuransi kesehatan yang pertama yakni bisa membantu Kamu dalam mengendalikan keuangan pribadi. Memiliki asuransi kesehatan mengharuskan Kamu melunasi premi secara teratur tiap bulannya. Hal ini akan membuat Kamu menyisihkan pendapatan Kamu untuk melunasi premi. Dengan begitu, pengelolaan finansial Kamu justru akan jelas tiap bulannya.

2. Memperingan Biaya Rumah Sakit

Ketika tiba- tiba jatuh sakit, Kamu jadi tak perlu takut memikirkan berapa banyak biaya perawatan yang akan Kamu keluarkan. Maka dari itu Kamu bisa lebih bebas dan berkonsentrasi pada penyembuhan dan perbaikan kesehatan yang sedang Kamu lakukan. Oleh karena memiliki asuransi kesehatan, Kamu tidak perlu takut karena telah terjamin secara finansial untuk biaya ke depannya. Asuransi kesehatan juga mencegah resiko kesehatan yang tiba- tiba datang, sebab Kamu sudah mempersiapkan diri.

Berikut beberapa jenis perlindungan kesehatan yang ditawarkan asuransi

1. Rawat Inap

Penyedia asuransi akan mengganti biaya pengobatan yang diakibatkan penyakit dan membutuhkan rawat inap di rumah sakit sesuai ketentuan yang tertera dalam polis asuransi.

2. Rawat Jalan

Penyedia asuransi akan mengganti biaya penyembuhan yang diakibatkan penyakit dan membutuhkan rawat jalan cocok syarat yang tertera dalam polis asuransi.

3. General Check Up

Penyedia asuransi akan mengganti biaya pemeriksaan kesehatan sesuai program yang tertera dalam polis asuransi.

4. Kacamata

Penyedia asuransi akan mengganti pembelian lensa kacamata serta frame atau sesuai referensi dari dokter mata.

5. Melahirkan

Penyedia asuransi akan mengganti biaya kelahiran sesuai program yang tertera dalam polis asuransi.

Rekomendasi:   Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia Saat Ini

6. Gigi

Penyedia asuransi akan mengganti biaya penyembuhan termasuk perawatan umum, perawatan gusi, perawatan gigi kompleks, perbaikan gigi, dan gigi palsu.

Contoh Produk Asuransi Kesehatan

1. Allianz

Allianz menawarkan produk yang bermacam- macam dan program yang cukup menyeluruh. Asuransi ini menjamin rawat inap. Beberapa produk Allianz juga menawarkan jaminan kelahiran, rawat jalan, dan pemeliharaan gigi. Ada pula jaminan spesial buat biaya chemotherapy, HIV atau AIDS, biaya penguburan, hemodialisis, pemulasaran jenazah, dan evakuasi.

Allianz juga menawarkan perlindungan untuk 49 penyakit kritis tahap akhir tanpa ketentuan batas waktu. Premi yang dibayar per tahunnya berkisar Rp11. 250. 000 untuk rawat inap. Keuntungan yang lain batas rawat inap yang ditawarkan Allianz lebih banyak dari layanan asuransi yang lain. Harga kamar rawat inap ialah Rp750. 000 dengan total 180 hari per tahun, sesuai tipe perawatannya.

2. Prudential

Prudential menawarkan produk asuransi kesehatan yang bervariasi, termasuk yang berplatform syariah. Prudential menanggung biaya rawat inap dan operasi. Keuntungan yang lain Prudential bisa dipakai di luar negeri.

Asuransi ini bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di negara lain, seperti Kamboja, Malaysia, Singapore, Filipina, Vietnam, serta Thailand. Di Indonesia sendiri Prudential melayani perawatan di 500 Rumah sakit dan klinik. Manfaat setiap hari yang ditawarkan ke anggotanya sebesar Rp3, 5 juta untuk rawat inap. Kamu bisa memilah masa proteksi, yakni sampai umur 55, 65, sampai 75 tahun.

3. Manulife

Manulife menawarkan layanan asuransi kesehatan tambahan ialah asuransi jiwa term- life atau rider. Keuntungan ini membuat banyak orang terpikat, walaupun Manulife bukan perusahaan asuransi kesehatan murni. Premi yang ditawarkan lebih kecil dibanding produk asuransi yang lain, ialah Rp9. 854. 000 untuk rawat inap. Biaya kamar yang dijamin sebesar Rp800. 000 per hari dengan total 60 hari per tahun. Manulife dapat jadi pilihan untuk Kamu yang mencari asuransi kesehatan buat keluarga.

Rekomendasi:   Asuransi Kesehatan Jenis Dan Pilihan Asuransinya Buatmu

 

Nah itulah beberapa uraian dari kami mengenai Asuransi Kesehatan Pengertian dan Manfaatnya Perlu Kamu Tahu, semoga bisa sedikit memberi wawasan buat kalian yaaa, sampai jumpa di artikel berikutnya. Semoga Bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Asuransi Kesehatan Pengertian dan Manfaatnya Perlu Kamu Tahu yang dipublish pada 31 January 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment