Bacaan Doa Setelah Adzan, Artinya dan Adab Mendengarkannya

SinauNews – Adzan merupakan panggilan untuk menjalankan shalat yang dikumandangkan oleh Mu’azzin di masjid. Setelah adzan selesai, ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca. Dalam artikel ini, kita akan membahas bacaan doa setelah adzan, artinya, dan adab yang harus diperhatikan saat mendengarnya.

Doa setelah adzan dikenal dengan sebutan “Doa Dzikir Setelah Adzan” atau “Doa Dzikir Adzan”. Doa ini merupakan doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah adzan selesai. Bacaan doa ini sangat ringkas dan mudah diingat sehingga dapat dibaca oleh siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Doa ini memiliki arti yang sangat dalam, yaitu memohon kepada Allah agar diberikan hidayah, keselamatan, keberkahan, dan kebahagiaan. Selain itu, doa ini juga diharapkan dapat menjauhkan dari segala bentuk kejahatan dan keburukan.

Adab yang harus diperhatikan saat mendengarkan adzan dan membaca doa setelah adzan adalah dengan berdiri, meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri, dan menghadap ke arah kiblat. Selain itu, jangan lupa untuk fokus dan khusyuk dalam membaca doa tersebut.

Secara keseluruhan, doa dzikir setelah adzan merupakan salah satu bentuk dzikir yang dianjurkan dalam agama Islam. Dengan membaca doa ini setelah adzan, diharapkan dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah.

A. Doa Setelah Adzan

Adab Ketika Mendengar Adzan

Berikut doa setelah adzan lengkap dengan artinya

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد

Bacaan latin: Allahumma rabba haadzihid da’watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa’adtahu innaka la tukhliful mi’ad.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan.

B. Adab Ketika Mendengar Adzan

Adab Ketika Mendengar Adzan

Ada adab yang disarankan ketika seorang muslim mendengar adzan mulai terdengar. Adab ini penting untuk diperhatikan dan dijalankan. Selain membaca doa setelah adzan, berikut adalah beberapa adab lain yang dapat Anda ketahui:

1. Hentikan aktivitas duniawi.

Saat adzan dikumandangkan, para umat Islam disarankan untuk berhenti berbicara dan beraktivitas. Hal ini karena adzan adalah panggilan dari Allah yang harus dihormati dan didengarkan dengan seksama.

2. Lantunkan Sholawat

Hadist yang sudah disebutkan di atas, disunahkan bagi para umat Islam untuk bersalawat ketika mendengar kumandang adzan. Ini sesuai dengan hadist di mana Rasulullah SAW bersabda;

“Barangsiapa yang berucap ketika mendengar adzan: ‘Asyhadu alla ilaha illallaah wahdahu laa syariika lah, radliitu billaahi rabba wa bil-islaami diina wa bi-muhammadin nabiyya’ (Aku bersaksi tidak ada tuhan kecuali Allah yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Aku ridha dengan Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai nabi), maka diampuni (dosanya).” (HR Imam al-Hakim, Imam Ibnu Majah, dan Imam Ibnu Abi Syaibah).

3. Panjatkan Doa yang Diinginkan

Waktu antara adzan dan iqamah adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Itu semua sesuai dengan hadist yang berbunyi; “Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak.” (HR. Abu Dawud). Untuk itu, sangat baik bagi Anda memanjatkan doa di antara waktu adzan dan iqamah karena dapat segera diijabah oleh Allah SWT.

4. Segerakan Salat

Ketika Anda mendengar adzan, sebagai umat Islam, segeralah melaksanakan salat. Adzan sendiri adalah tanda dan panggilan untuk melaksanakan salat, sehingga sebaiknya Anda yang mendengarkan adzan segera menunaikan ibadah tersebut.

C. Keutamaan Doa Setelah Adzan dan Artinya

Terdapat beberapa keutamaan membaca doa setelah adzan, diantaranya:

  1. Membaca doa setelah adzan akan menjadi amalan sunnah yang menghapus dosa.
  2. Membaca doa setelah adzan akan meningkatkan kemungkinan Allah untuk mengabulkan doa-doa Anda.
  3. Membaca doa setelah adzan juga dapat memberikan syafaat Nabi Muhammad di hari akhir.
  4. Allah telah menjanjikan surga bagi mereka yang membaca doa setelah adzan.
  5. Membaca doa setelah adzan akan memberikan pahala setara dengan 10 kali bersholawat.

D. Cara Menjawab Azan yang Benar

Bacaan Doa Setelah Adzan

Saat sahabat Dream mendengar adzan dikumandangkan, maka dalam ajaran Islam dianjurkan untuk menjawabnya. Berikut adalah cara menjawab adzan yang benar:

1. Allahu akbar, Allahu akbar (diucapkan 2 kali)

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

2. Asyhadu Allaa ilaaha illa Allah (diucapkan 2 kali)

Artinya: Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah.

3. Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah (diucapkan 2 kali)

Artinya: Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah

4. Laa haula waa quwwata illa billah (diucapkan 2 kali)

Artinya: Tiada daya dan upaya melainkan atas pertolongan Allah.

5. Laa haula waa quwwata illa billah (diucapkan 2 kali)

Artinya: Tiada daya dan upaya melainkan atas pertolongan Allah.

6. Allahu akbar Allahu akbar (diucapkan 1 kali)

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

7. Laa ilaaha illa Allah (diucapkan 1 kali)

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah.

E. Hadist Mengenai Cara Menjawab Adzan

Bacaan Doa Setelah Adzan

Ketika Anda mendengar adzan, ada baiknya untuk segera menjawabnya meski ini merupakan adab yang disunnahkan. Cara menjawab adzan telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dengan jelas sebagaimana dituangkan dalam hadist berikut:

“Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim no. 384).

Ada beberapa hadist lainnya yang ternyata juga menganjurkan umat muslim untuk menjawab adzan, yaitu:

“Aku mendengar Abu al-Malih bercerita dari Abdullah bin ‘Utbah, dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha bahwa sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika mendengar muadzin (mengumandangkan adzan), Nabi berucap sebagaimana ucapan muadzin hingga ia diam (berhenti).” (Hadits hasan riwayat Imam Ibnu Khuzaimah, Imam al-Hakim, Imam al-Nasai, Imam Ahmad, dan Imam Abu Ya’la).

Hadist-hadist di atas sudah sangat jelas jika sunnah hukumnya untuk menjawab seruan adzan. Cara menjawab adzan ialah dengan melafalkan ucapan serupa. Namun untuk lafal “hayya ala assholat dan hayya ala alfalaah” dibalas dengan “la haula walla quwwata illa billah”. Itu sesuai dengan hadist berikut yang berbunyi:

Dari Abu Rafi’ radhiyallahu ‘anhu, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika mendengar muadzin mengumandangkan adzan beliau berucap seperti yang diucapkan muadzin. Ketika muadzin berucap: Hayya ‘alash shalah, hayya ‘alal falah, Nabi mengucapkan: Laa haula wa laa quwwata illaa billahi” (tiada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah).” (HR Imam Ahmad bin Hanbal).

F. Penutup

Setelah adzan selesai dikumandangkan, sebagai muslim kita diwajibkan untuk melakukan bacaan doa setelah adzan. Bacaan doa setelah adzan ini memiliki arti yang sangat dalam dan mengandung banyak keutamaan.

Selain itu, adab yang baik saat mendengarkan adzan juga harus diperhatikan, seperti bangun dari tidur, membersihkan diri, dan berdiri sambil menghadap kiblat.
Semoga dengan mengamalkan bacaan doa setelah adzan serta menjaga adab yang baik saat mendengarkannya, kita dapat mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita terlalu sibuk dengan aktivitas duniawi sehingga kita lupa untuk merespon panggilan Allah SWT melalui adzan. Namun, dengan memperhatikan adab yang telah disebutkan di atas, kita dapat menjadikan adzan sebagai momen yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Jadi, marilah kita sebagai umat Muslim rajin membaca doa setelah adzan dan menjaga adab saat mendengar adzan agar kita dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Bacaan Doa Setelah Adzan, Artinya dan Adab Mendengarkannya yang dipublish pada 1 September 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment