Beberapa Tips Menjadi Agen Asuransi Sesuai OJK Perlu Diketahui

 

Tips Menjadi Agen AsuransiAsuransi bisa memberikan proteksi pada kita dan anggota keluarga ketika dihadapkan dengan berbagai resiko seperti sakit, kecelakaan kendaraan, kebakaran rumah dan resiko yang lain. Perusahaan asuransi akan memenuhi tanggung jawab ini, jika kalian sebagai pelanggan asuransi membayar premi tiap bulannya.

Hal ini pastinya membuat sebagian besar, terutama anak muda zaman sekarang sadar kalau asuransi sangat berarti mengingat berbagai resiko kehidupan itu bisa datang kapan saja tanpa diduga. Alhasil, semakin banyak orang yang membeli asuransi.

Sederhananya, pengertian agen asuransi adalah seorang yang bekerja untuk menjual produk asuransi pada masyarakat. Tetapi, secara hukum UU Nomor. 2 Tahun 1992 Artikel 1 Aayat 10, agen asuransi adalah seorang atau badan hukum yang kegiatannya memberikan pelayanan dalam memasarkan jasa asuransi untuk dan atas nama penanggung.

Otoritas Jasa Keuangan( OJK) juga mempunyai pendapat yang cocok dengan No 69 atau POJK. 05 atau 2016, agen asuransi adalah orang yang bekerja sendiri atau bertugas pada badan usaha, yang berperan untuk dan atas nama Perusahaan asuransi ataupun Perusahaan asuransi syariah dan memenuhi persyaratan untuk menggantikan Perusahaan asuransi ataupun Perusahaan asuransi syariah memasarkan produk asuransi ataupun produk asuransi syariah sebagaimana yang dimaksud dalam Undang- Undang No 40 Tahun 2014 mengenai Perasuransian.

 

Tips Menjadi Agen Asuransi

Dari syarat- syarat dari OJKtersebut, ada sebagian tips yang dapat kalian lakukan buat jadi agen asuransi, antara lain:

 

1. Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Dari sekian banyak Perusahaan asuransi, kalian wajib memilah salah satu Perusahaan asuransi terpercaya, bagus itu Perusahaan lokal atau asing. Buat memperoleh Perusahaan asuransi terbaik ini, kalian harus melaksanakan bermacam estimasi terlebih dulu, semacam memeriksa kerangka balik Perusahaan, integritas serta pula profit yang dapat kalian bisa dari Perusahaan asuransi.

2. Daftarkan Diri Sebagai Agen Asuransi

Setelah kalian menentukan Perusahaan asuransi yang terbaik, berikutnya adalah kalian bisa melakukan pendaftaran diri sebagai agen asuransi. Tetapi perlu kalian tahu, biasanya tiap agen asuransi hanya diberikan satu produk asuransi. Supaya tak salah pilih, sebaiknya pahami dengan baik setiap produk asuransi.

3. Ikuti Pelatihan dan Daparkan Sertifikat

Perusahaan asuransi yang kalian pilih akan membeikan kalian pelatihan buat bekal ketika kalian menawarkan produk pada calon pelanggan. Bukan hanya hal produk, tetapi kalian juga akan memperoleh pembelajaran mengenai cara komunikasi, pemasaran yang jitu dan sebagainya. Setelah pelatihan itu selesai, maka kalian akan memperoleh sertifikar pelatihan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia sebagai tanda kalian siap jadi agen asuransi yang resmi.

4. Patuhi Aturan

Setiap profesi ataupun pekerjaan pastinya mempunyai kode etik serta peraturan yang harus ditaati. Sebagai agen asuransi juga tidak boleh melanggar kode etik dari asosiasi serta peraturan yang diberikan Perusahaan asuransi. Dengan menjadi agen asuransi yang menjalankan tugasnya dengan bagus, maka kalian sudah melindungi kredibilitas Perusahaan dan bersaing sehat dalam penjualan produk asuransi.

 

Penghasilan Agen Asuransi

Tidak sedikit orang yang bilang jika jadi agen asuransi bisa mempunyai penghasilan yang besar. Asumsi ini memang betul karena tidak hanya gaji, agen asuransi dapat mendapatkan bonus tahunan jika pemasaran produk asuransi mencapai target.

Lantas berapa besaran gaji yang didapat sebagai agen asuransi?

Gaji Berdasarkan Annual Premium Income( API) ataupun Premi Per Tahun

Contoh, kalian mendapat 30 nasabah dalam satu tahun dengan premi Rp500 ribu per bulan ataupun Rp6 juta per tahun. Dari ini anggap saja manfaat investasi Rp5 juta per tahun, maka gaji yang didapatkan:

API: 30 x Rp5 juta= Rp150 juta

Kemudian, komisi yang ditentukan 30%, maka gajinya:

Rp150 juta x 30%= Rp45 juta per tahun atau Rp3. 750. 000 per bulan.

Bayangkan, jika nasabah yang kalian dapatkan bisa lebih dari jumlah yang dijadikan contoh, maka pastinya akan semakin banyak gaji yang akan diterima sebagai agen asuransi.

 

Cerdas dalam Menawarkan Produk

Kalian dapat memilih bermacam produk asuransi, mulai dari kesehatan, kendaraan, pendidikan, harta benda dan sebagainya. Untuk sukses sebagai agen asuransi dengan memiliki penghasilan yang tinggi, kunci utamanya bukan pada produk. Akan tetapi cara kalian ketika menawarkan produk asuransi. Dengan begitu, sangat berarti untuk tiap agen asuransi memiliki cara yang istimewa dalam menawarkan produk tapi tetap memberikan informasi yang jelas mengenai produk asuransi.

 

Oke itu saja pembahasan dari kami mengenai Beberapa Tips Menjadi Agen Asuransi Sesuai OJK Perlu Diketahui, dengan memahami tips di atas sekarang kalian sudah tidak bingung lagi kan. Semoga Bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Beberapa Tips Menjadi Agen Asuransi Sesuai OJK Perlu Diketahui yang dipublish pada 13 October 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment