Cara Cepat Unroot HP Android Dengan Beberapa Langkah

SinauNews – Cara Cepat Unroot HP Android, UNROOT adalah kondisi di mana pengguna hanya memiliki izin untuk melihat dan membaca file yang ada dalam sistem tanpa bisa mengubahnya. Atau dapat juga dikatakan bahwa UNROOT adalah ketika seorang pengguna yang sudah memiliki hak akses penuh terhadap sistem ingin mengembalikan hak akses tersebut, sehingga pengguna hanya memiliki hak akses seperti yang seharusnya, yaitu hanya untuk melihat dan membaca tanpa dapat mengubah atau menghapus.

ROOT adalah cara di mana pengguna memiliki hak penuh atas semua isi dalam sistem, sehingga dapat menghapus, menambah, dan mengedit file yang ada dalam sistem. Ada beberapa cara untuk melakukan ROOT, mulai dari ROOT LANGSUNG DARI HANDPHONE dan ROOT MELALUI PC.

Manfaat Melakukan Unroot Pada HP Android

Manfaat utama dari root adalah memberikan akses penuh terhadap sistem, sehingga kita dapat mengubah-ubah Android sesuai dengan keinginan kita. Misalnya, mengubah tampilan atau meningkatkan performa.

Sedangkan, untuk unroot, manfaatnya antara lain adalah:

  1. Keamanan sistem lebih terjamin, karena tidak ada akses penuh yang diberikan kepada pengguna.
  2. Dapat meningkatkan performa sistem, karena tidak ada aplikasi atau modifikasi yang dapat merusak sistem.
  3. Dapat meningkatkan kompatibilitas dengan aplikasi atau perangkat lain, karena sistem tidak lagi diubah dari kondisi aslinya.
  4. Dapat meningkatkan garansi perangkat, karena perangkat tidak lagi dalam kondisi di-root.

Cara Unroot HP Android

Lantas bagaimana cara kita untuk mengembalikan kondisi android seperti semula atau sebelum di root. Yaitu dengan cara di unroot. Dibawah ini akan kita bahas cara-cara meng-unroot HP android.

1. Gunakan Aplikasi Super-SU.

SuperSU adalah aplikasi yang populer untuk mengelola perangkat yang sudah di-root. Ada banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, termasuk unroot Android. Caranya sangat mudah, buka aplikasi SuperSU, lalu pilih Setting. Scroll ke bawah dan pilih Full Unroot. Ikuti prosedurnya dan smartphone atau tablet kamu akan restart sendiri. Dengan begitu perangkat kamu sudah kembali normal.

2. Menggunakan Universal Androot.

Mungkin sebagian dari kita pernah mencoba menggunakan super-SU, namun masih gagal, tenang masih ada aplikasi Universal Androot untuk digunakan. Namun sayangnya aplikasi ini tidak bisa berjalan di semua HP android, dan hanya beberapa saja. Aplikasi ini dapat menyingkirkan hak akses root di smartphone atau tablet kamu.

Cara Cepat Unroot HP Android

Namun, aplikasi ini masih memiliki kekurangan seperti yang dijelaskan sebelumnya. Contohnya, aplikasi ini tidak bekerja pada perangkat Samsung karena kompilasi dengan KNOX. Pada LG, perangkat akan di-unroot tapi statusnya masih rooted, karena adanya LG’s eFuse. Sayangnya aplikasi ini berbayar sekitar 13 ribu rupiah.

3. Unroot Dengan Cara Install Update Sistem

Untuk meng-unroot android, kita dapat melakukannya dengan cara melakukan update sistem melalui OTA (Over The Air). Saat kita meng-install update via OTA (Over The Air), maka akses root akan hilang. Namun, jika kita ingin smartphone tetap di-root, maka kita harus melakukan root lagi.

Cara Cepat Unroot HP Android

Kalau tidak, kita hanya perlu membiarkannya saja. Kelemahan dari cara ini adalah kita harus menunggu kapan update tersedia. Jangan lupa untuk menguninstall SuperSU atau aplikasi lain yang berhubungan dengan root.

4. Dengan Cara Install Ulang Stock Firmware

Dengan cara diatas kita dapat meng-unroot HP android kita, kelebihannya adalah HP kita akan terasa seperti baru, karena sistem operasi di dalamnya di install ulang dan memiliki performa yang lebih cepat. Namun, kelemahan dari cara ini adalah data kita akan hilang jika belum dibackup.

Cara Cepat Unroot HP Android

Mengembalikan firmware asli perangkat adalah cara yang paling efektif untuk melakukan unroot. Cara ini berkerja dengan baik karena firmware memiliki semua software yang dibutuhkan. Namun, dalam artikel ini tidak ada tutorial secara khusus, karena setiap smartphone memiliki cara yang berbeda untuk meng-install firmware. Untuk cara menginstall firmware, kita dapat mencari tutorialnya di google.

Cara Mengecek Root Sudah Hilang atau Belum

Setelah Anda mencoba salah satu dari beberapa metode di atas, Anda harus melakukan cek lagi untuk akses root-nya, untuk memastikan apakah sudah benar-benar hilang atau belum.

Cara yang paling mudah untuk melakukan cek ini adalah dengan menggunakan aplikasi Root Checker:

  1. Instal aplikasi Root Checker dari Google Playstore.
  2. Kemudian buka aplikasinya.
  3. Jika ada notifikasi “No Root” atau sejenisnya, berarti HP Anda sudah berhasil di-unroot.

Sebaliknya, jika ada pesan “HP masih dalam keadaan root” atau notifikasi izin akses muncul, berarti metode yang Anda gunakan masih belum berhasil.

 

Demikian ulasan mengenai Cara Cepat Unroot HP Android Dengan Beberapa Langkah, semoga bisa bermanfaat buat kalian dan bisa menambah wawasan ya. Semoga bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Cepat Unroot HP Android Dengan Beberapa Langkah yang dipublish pada 21 January 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment