Cara Klaim Asuransi Motor Kredit Jika Terjadi Kecelakaan

 

Cara Klaim Asuransi Motor – Membeli motor dapat dilakukan dengan 2 cara, ialah tunai serta kredit. Apapun pilihan caramu, yakinkan kendaraan roda tersebut diasuransikan. Asuransi kendaraan bukan hanya buat mobil saja. Justru motor membutuhkan proteksi ataupun asuransi karena lebih rawan risiko di jalan, seperti kecelakaan, dan resiko lain. Terlebih jika itu motor kredit. Kalian bisa melakukan klaim ataupun pengajuan pencairan dari motor yang sudah diasuransi. Bagaimana caranya?

Apakah Asuransi bisa Cair Saat Motor Kecelakaan?

Tentu saja bisa karena musibah adalah musibah ataupun resiko yang tidak terduga setiap pengendara motor. Pencairan dapat dicoba dengan melampirkan dokumen secara komplit. Dengan catatan bila kerusakan motor yang masih kredit di atas 75%. Alhasil, pengajuan klaim bisa segera diproses. Ikuti beberapa tips cara klaim asuransi kendaraan bermotor berikut ini.

Tips Klaim Asuransi Motor Saat Kecelakaan

1. Lampirkan dokumen pendukung

Kalian tidak bisa seenaknya memohon perusahaan asuransi ganti rugi kerusakan sepeda motor tanpa bukti. Benar, kan? Maka dari itu, lampirkan dokumen pendukung, seperti foto bagian- kerusakan motor sebagai bukti jika kalian betul- betul mengalami musibah.

Dari foto ini, industri asuransi bisa mengenali estimasi biaya perbaikannya. Jika ingin mengajukan klaim, sebaiknya hindari buru- buru membawanya ke bengkel untuk diperbaiki. Jika sendainya pihak asuransi ingin melakukan survey, kalian memiliki bukti jelas. Alhasil, klaim yang kalian ajukan dapat diproses segera.

2. Perbaiki di bengkel rekanan asuransi

Jika kecelakaan itu terjadi di luar kota dan kalian ingin motor segera diperbaiki, sebaiknya membawa ke bengkel rekanan pihak asuransi. Tujuannya untuk menghindari adanya manipulasi biaya perbaikan kendaraan. Informasi mengenai bengkel rekanan bisa kalian miliki melalui brosur, website resmi. Untuk hasil akurat, dapat langsung tanyakan pada customer service melalui fitur personal chat. Jadi, motor milikmu segera mendapat penanganan dari ahlinya.

3. Kerusakan lebih dari 75%

Musibah ialah salah satu kemalangan yang tidak diinginkan. Walaupun begitu, industri asuransi umumnya hanya akan mengganti biaya perbaikan yang kerusakannya lebih dari 75%. Apabila kerusakannya kecil, biaya perbaikannya dijamin pemilik motor. Logikanya, kerusakan kecil bisa jadi ialah tindakan disengaja oleh pemilik. Tetapi untuk kerusakan besar, tidak mungkin disengaja. Apabila motor kreditan, tidak terlalu parah kerusakannya, sebaiknya tidak perlu melapor pihak asuransi. Toh, pengajuanmu akan ditolak.

4. Sabar menunggu

Proses pencairan biaya ganti rugi perbaikan motor tidak sebentar. Umumnya memerlukan waktu sekitar satu bulan sampai uang ganti ruginya sampai di tangan kalian, sebab itu harus sabar.

Tenang, uangmu pasti diganti andaikan bukti- bukti yang dilampirkan jelas dan komplit. Lakukan follow up pada pihak asuransi untuk mempercepat cara pencairan. Apabila dananya telah cair, kalian dapat maanfaatkan untuk membeli sepeda motor baru. Sebagian biaya ganti ruginya untuk melunasi cicilan motor lama, sedangkan lebihnya untuk DP motor baru.

 

Hindari Kesalahan Ini agar Klaim Asuransi Motor Ditolak

Walaupun prosesnya tidak seribet saat kalian kehilangan motor, sebaiknya jangan menyepelehkan cara pencairannya. Karena, ada nasabah yang pengajuan klaimnya ditolak karena melakukan berbagai kekeliruan.

1. Sparepart motor dimodifikasi

Ada kebanggaan kalau sepeda motor kalian berbeda dari orang lain. Memang, tapi ketahuilah jika tindakan ini berpotensi menyebabkan pengajuan klaim ditolak. Pasalnya, hal ini sudah melanggar isi surat perjanjian asuransi. Jika masih ingin menemukan ganti rugi, sebaiknya jangan pernah memodifikasi sparepart motor, walaupun bagian terkecilnya. Kalian sendiri yang akan rugi jika melanggarnya.

2. Penyalahgunaan fungsi motor

Motor adalah kendaraan individu yang fungsinya membantu mobilisasi kalian untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, jangan mengubah fungsinya sebagai alat angkut kendaraan. Sudah ada truk yang difungsikan untuk mengangkat barang. Apabila kerusakan berat terjadi karena pengangkutan barang, harap maaf pengajuan klaim ditolak. Kalian tidak bisa menyalahkan pihak asuransi karena ini asli kekeliruan kalian.

3. Parkir tidak pada tempatnya

Kekeliruan yang sebaiknya tidak dilakukan merupakan memarkirkan kendaraan bukan pada tempatnya. Apabila terjadi kerusakan, pihak asuransi akan angkat tangan karena kerusakan yang terjadi dianggap sebagai kelalaian pemilik kendaraan. Maka dari itu, parkirkan kendaraan pada tempatnya supaya selalu aman. kendaraan tidak disenggol oleh kendaraan lain ataupun tidak sengaja dirusak oleh orang jahil.

Ajukan Klaim Sebelum Jatuh Tempo

Pengajuan klaim punya batasan atau tenggang waktu, jadi cermati hal ini dengan saksama. Ajukan klaim sebelum batasan waktunya habis. Jangan karena lupa dan malas, kalian kehilangan uang ganti rugi yang sepatutnya bisa dipakai untuk melunasi cicilan serta mengganti motor baru.

 

Demikian uraian mengenai Cara Klaim Asuransi Motor Kredit Jika Terjadi Kecelakaan, silahkan di pahami beberapa tips di atas dan jangan sampai ada yang terlewat yaa. Semoga Bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Klaim Asuransi Motor Kredit Jika Terjadi Kecelakaan yang dipublish pada 31 January 2024 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment