Cara Memakai Sumpit dengan Baik dan Benar

SinauNews – Cara Memakai Sumpit, Sumpit merupakan alat makan yang sangat praktis dan mudah digunakan. Namun, terkadang banyak orang yang salah memakainya. Dalam artikel ini, kami akan membahas Cara Memakai Sumpit dengan Baik dan Benar agar Anda bisa memakainya dengan lebih efisien dan sopan.

Menggunakan sumpit mungkin terasa sulit bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka yang jarang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu sedikit latihan untuk terbiasa memakan dengan menggunakan sumpit.

Sumpit adalah alat makan yang berasal dari Asia Timur, terdiri dari dua batang kayu berukuran sama yang dipegang antara jari-jari tangan. Sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, piring, atau memasukkannya ke mulut.

Saat ini, sumpit telah dimodifikasi dengan bahan seperti bambu, logam, gading, dan plastik yang permukaannya sudah dipoles atau dilapisi dengan bahan pelapis seperti pernis atau cat untuk menghindari luka dan memperindah tampilan.

Penggunaan sumpit tidak sembarang karena membutuhkan keterampilan dalam gerakan jari agar makanan tidak jatuh. Ada teknik tertentu yang perlu dikuasai untuk memakai sumpit dengan benar dan efisien.

Kegunaan Sumpit

Pasti kalian sudah tahu apa itu sumpit, bahkan mungkin sudah pernah melihat dan memakainya langsung. Sumpit adalah sepasang alat makan berbentuk dua batang panjang yang berguna untuk memindahkan makanan dari satu tempat ke tempat lain atau langsung memasukkannya ke mulut. Beberapa jenis sumpit juga digunakan untuk memasak.

Sumpit berasal dari Asia Timur dan seringkali digunakan untuk makan makanan dari negara-negara di wilayah tersebut, seperti mie, sushi, nasi, daging irisan, ikan mentah, kacang, biji-bijian, dan masih banyak lagi. Tidak lupa, sumpit juga bisa digunakan untuk memasak shabu-shabu atau BBQ dan langsung menikmatinya setelah makanan selesai diolah.

Seiring dengan berjalannya waktu, jenis sumpit yang tersedia di pasaran pun semakin banyak. Kini, nggak cuma untuk orang dewasa aja, beberapa sumpit juga dibuat untuk anak-anak. Nggak ketinggalan, ada sumpit yang dibuat khusus untuk anak-anak atau orang dewasa yang masih belajar karena memiliki lubang buat memasukkan jarinya supaya lebih gampang digunakan.

Cara Memakai Sumpit dengan Baik dan Benar

Cara Memakai Sumpit

 

Meskipun sumpit banyak ditemukan di restoran dan toko, masih ada orang yang bingung cara memakainya dengan benar. Ada juga yang memakainya salah. Agar tidak salah dan bingung terus, mari simak tata cara memakai sumpit yang benar.

  1. Ambil salah satu sumpit lalu silakan capit di antara telunjuk dan ibu jari. Setelah itu, kamu harus menggunakan jari manis buat menyeimbangkan.
  2. Buat sumpit kedua, silakan pegang menggunakan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Pastikan kamu pegang dengan kuat ya, Blibli Friends!
  3. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah buat menggerakkan sumpit saat kamu akan mengambil makanan.
  4. Setelah kamu berhasil memegang sumpit, kini saatnya menyantap makanan yang ada di depanmu!
  5. Ingat ya, bagian yang bergerak adalah yang atas saja! Bagian bawah ditahan sama ibu jari dan jari manis, nggak perlu bergerak.

Nggak cuma itu aja, ada juga nih cara alternatif yang bisa kamu gunakan saat akan memakai sumpit. Silakan simak di bawah ini.

  1. Pegang sumpit pertama seperti kamu memegang pensil.
  2. Setelah itu, kamu bisa menyelipkan sumpit kedua di celah antara sumpit pertama dengan ibu jarimu.
  3. Sumpit bagian atas ada di antara jari telunjuk dan jari tengah. Sementara itu, yang bagian bawah ditahan sama ibu jari dan jari manis.
  4. Sama seperti cara yang pertama, pada cara ini sumpit yang gerak cuma yang atas aja dan bagian bawah nggak gerak.

Setelah memahami cara memegang sumpit, segeralah coba dalam praktek. Mulai dengan menggunakan sumpit untuk mengambil makanan kecil seperti kacang dan biji-bijian. Setelah berhasil, coba tingkatkan dengan mengambil makanan ukuran lebih besar. Dengan melakukan hal ini, kemampuanmu dalam menggunakan sumpit akan semakin terlatih dan terasah.

Etika Menggunakan Sumpit

1. Ketahui aturan ketika berbagi makanan.

Pada meja makan Asia, biasanya makan bersama dalam piring besar. Tetapi, memasukkan makanan ke mulut dengan sumpit yang baru saja dipakai tidak sopan. Ada 2 opsi yang bisa diambil:

  • Gunakan sepasang sumpit penyaji untuk umum yang tidak pernah menyentuh mangkuk nasi/makanan Anda (atau orang lain)
  • Ambil dengan ujung lainnya (tidak untuk makan) dari sumpit Anda. Yaitu ujung lebar sumpit, semoga saja Anda tidak mengunyahnya!

2. Ketahui apa yang harus dilakukan dengan sumpit ketika sedang tidak makan.

Aturan menggunakan sumpit tidak berhenti ketika Anda telah memasukkan makanan ke dalam mulut Anda, sayangnya. Setiap masyarakat memiliki aturan yang sedikit berbeda, tapi secara umum:

  • Jangan letakkan sumpit Anda memanjang dalam makanan. Ini dilihat sebagai tanda buruk dan mengingatkan pemakaman.
  • Jangan memasukkan makanan dengan ujung sumpit Anda. Walaupun terlihat sebagai alternatif yang bagus, ini tidak sopan.
  • Jangan memindahkan makanan dari satu sumpit ke sumpit lain. Ini dipandang sebagai upacara pemakaman dan kebiasaan meja yang buruk.
  • Jangan menyilangkan sumpit Anda. Setelah selesai makan, letakkan sumpit disamping hidangan Anda di sebelah kiri.
  • Jangan menunjuk orang dengan sumpit Anda. Menunjuk secara umum tidak diperbolehkan dalam budaya Asia dan sama dengan menunjuk dengan sumpit.
  • Daftar aturan lebih panjang jika semua aturan dicantumkan. Aturan ini adalah dasar.

3. Ketika makan nasi, cobalah untuk menggali.

Jika ada nasi di meja depanmu dan hanya memiliki 2 batang bambu, kamu mungkin merasa kesulitan. Namun, hal yang diterima (dan biasa) adalah mengangkat mangkuk nasi mendekatkan mulutmu dan makan dari situ. Kamu tidak akan terlihat bodoh, justru terlihat berpengalaman.

  • Anda mungkin merasa sedikit seperti the Beast selama makan malam dengan Belle, tetapi tetaplah tenang, inilah cara untuk melakukannya. Jangan menyekop nasi ke dalam mulut Anda seperti manusia gua, tetapi angkat mangkuk dekat dengan Anda untuk mencegah butiran nasi jatuh dan mengumpul di area makan Anda.
  • Jepang memiliki aturan yang sedikit lebih ketat mengenai ini. Apabila Anda di Cina atau Vietnam, contohnya, Anda mungkin bisa menyekop makanan.

Penutup

Dengan memahami cara memakai sumpit dengan baik dan benar, Anda dapat menikmati makan malam dengan lebih sopan dan nyaman. Ingatlah bahwa hal-hal seperti tidak menancapkan sumpit ke dalam makanan, tidak memindahkan makanan dari sumpit satu ke sumpit lain, dan tidak menyilangkan sumpit setelah makan adalah hal-hal yang harus dihindari untuk menjaga budaya dan etika meja. Jangan ragu untuk mempraktikkan tips ini dan nikmati makan malam dengan cara memakai sumpit yang baik dan benar.

Nah itulah pembahasan dari kami secara lengkap mengenai Cara Memakai Sumpit dengan Baik dan Benar, semoga mudah kalian pahami dan praktekkan. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Memakai Sumpit dengan Baik dan Benar yang dipublish pada 14 May 2024 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment