Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android Secara Mudah

SinauNews – Cara untuk mengembalikan file yang terhapus di Android sering dicari oleh pengguna ketika mereka tidak sengaja menghapus data penting seperti foto, video, musik, dan dokumen dari memori ponsel.

Teknologi canggih membuat HP Android tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat pendukung untuk menyimpan berkas tugas sekolah atau pekerjaan. Kehilangan berkas dapat menimbulkan masalah lain kemudian hari, terutama jika data tersebut termasuk dalam berkas yang sangat penting.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

File yang terhapus di Android sebenarnya bisa dikembalikan lagi dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Recovery Data adalah cara yang sering dilakukan oleh pengguna Android yang kehilangan file yang penting di perangkat mereka.

Sementara itu, pengguna Android juga bisa mengaktifkan fitur backup untuk menyimpan file penting sehingga bisa dikembalikan jika terhapus. Namun, tidak semua pengguna Android mengaktifkan fitur ini.

Mengembalikan file yang terhapus di Android bisa dilakukan pada berbagai merek smartphone seperti Samsung Galaxy, Asus Zenfone, Lenovo, Xiomi, Oppo, Smartfreen Andromax, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, Advan, dan lainnya.

Yuk Simak Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android Berikut ini

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file atau data yang terhapus di Android. Namun, sebelum melakukan cara ini, pastikan bahwa Android Anda sudah di-root. Aplikasi seperti GT Recovery Mode dan DiskDigger membutuhkan akses root untuk dapat melakukan scanning pada semua file di Android Anda dan mengembalikannya seperti semula. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah untuk mengembalikan data terhapus di Android dibawah ini:

1. Gunakan Aplikasi GT Recovery

GT Recovery adalah aplikasi Android yang digunakan untuk mengembalikan data/file yang dihapus di smartphone dan tablet Android. Aplikasi ini memiliki banyak fitur recovery, seperti mengembalikan dokumen, foto, musik, video, SMS yang dihapus, kontak yang dihapus, catatan yang dihapus, daftar layanan wifi yang dihapus, pesan WhatsApp yang dihapus, catatan panggilan yang dihapus, dan lainnya.

Mengembalikan File Yang Terhapus

Namun, perlu diingat bahwa sebelum menggunakan aplikasi ini, perangkat Android harus sudah di-root. Silahkan ikuti langkah – langkah recovery data dengan GT Recovery dibawah ini:

  1. Pertama, unduh aplikasi GT Recovery gratis melalui Google Play Store. Klik link ini untuk mengunduh: Download GT Recovery Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut lalu tap “Recover File” untuk mencari dan mengembalikan data yang dihapus.
  3. Centang file yang ingin Anda scan, seperti Images, Videos, Audio, Dokumen, Aplikasi, dll. Tap “Next” untuk melanjutkan.
  4. Aplikasi akan melakukan analisis pada smartphone Android Anda. Jika Android sudah di-root, proses scanning dapat dilanjutkan.
  5. Lanjutkan langkah-langkah berikutnya hingga Anda dapat mengembalikan data yang dihapus satu per satu.
  6. Selesai.

2. Gunakan Aplikasi DiskDigger

Selain GT Recovery, Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain yang bernama DiskDigger. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengembalikan foto yang dihapus di Android. Cukup dengan sekali tap, semua foto yang pernah dihapus akan muncul dan dapat dikembalikan seperti semula. Namun, sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan bahwa Android Anda sudah di-root.

Mengembalikan File Yang Terhapus

  1. Pertama, unduh aplikasi DiskDigger gratis melalui Google Play Store. Klik link ini untuk mengunduh: Download DiskDigger Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi dan tap “Start” untuk melakukan scanning pada semua foto yang sudah dihapus di Memori Internal dan Eksternal Android Anda.
  3. Jika ditemukan, Anda cukup mencentang foto yang ingin dikembalikan lalu tap “Icon Tiga Titik”, lalu tap “Save This File Locally” untuk menyimpan foto tersebut di memori Android Anda.
  4. Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas sesuai petunjuk yang ada, Anda pasti dapat mengembalikan file yang sudah dihapus. Cara di atas telah terbukti 100% berhasil karena saya sendiri juga sudah mencobanya.

 

Demikian ulasan mengenai Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android Secara Mudah, semoga bisa mudah kalian pahami dan bermanfaat. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android Secara Mudah yang dipublish pada 25 August 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment