Tips Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah

SinauNews – Cara Menghilangkan Komedo, Komedo adalah masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara mudah yang dapat membantu menghilangkan komedo. Berikut ini adalah beberapa tips praktis untuk mengatasi masalah komedo dan memperoleh kulit yang bersih dan bercahaya.

Apa itu komedo?

Komedo adalah masalah kulit yang muncul berupa bintik-bintik pada wajah akibat folikel rambut terkena penyumbatan. Bintik-bintik ini lebih dikenal sebagai blackheads karena permukaannya berwarna hitam.

Komedo adalah jenis jerawat ringan yang biasanya terjadi di wajah. Namun, tidak jarang juga kondisi ini muncul pada bagian tubuh lain seperti punggung, dada, leher, lengan, dan pundak.

Komedo adalah kondisi yang cukup umum terjadi dan hampir setiap orang mengalami hal ini, terutama remaja di masa pubertas. Hal ini dikarenakan komedo adalah tahap awal dari kemunculan jerawat.

Oleh sebab itu, orang yang mengalami masalah jerawat di kulitnya kemungkinan besar memiliki komedo dahulu sebelum berkembang menjadi jerawat.

Apa saja jenis komedo?

Komedo merupakan jenis jerawat yang tidak mengalami peradangan dan dibagi menjadi dua jenis, yaitu komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads).

1. Komedo hitam (blackheads)

Komedo hitam atau blackheads adalah komedo terbuka yang terjadi akibat minyak mengendap di folikel rambut. Warna hitam pada komedo disebabkan oleh reaksi kimia antara melanin (pigmen warna kulit) dan udara di sekitar. Melanin yang mati dan teroksidasi menjadi warna coklat tua yang menghasilkan komedo hitam.

2. Komedo putih (whiteheads)

Komedo putih atau whiteheads adalah awal dari munculnya jerawat, yang disebabkan oleh minyak berlebih, bakteri, dan sel kulit mati menyumbat pori. Pori tersebut tertutup seluruhnya sehingga tampil seperti benjolan putih kecil. Karena itu, komedo ini juga disebut sebagai komedo tertutup, karena tidak menular.

Penyebab Komedo

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Minyak itu sendiri dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebum) di dalam pori-pori.

Beberapa faktor membuat seseorang rentan terkena komedo, di antaranya:

  1. Polah makan tidak sehat dengan tinggi asupan gula, tepung, dan keju
  2. Pertambahan bakteri kulit karena kurang bersih atau daya tahan tubuh yang menurun
  3. Iritasi pori-pori kulit saat mencuci wajah dengan kasar, peeling, atau perawatan sinar laser
  4. Perubahan hormon selama pubertas dan menstruasi yang menaikkan produksi minyak
  5. Menelan obat seperti kortikosteroid
  6. Kulit terlalu lembab akibat pelembab atau udara yang lembab
  7. Terpapar bahan kimia pada produk kosmetik seperti isopropyl myristate atau propylene glycol
  8. Konsumsi makan dan minum dengan tinggi gula dan lemak
  9. Kebiasaan merokok.

Apa saja tanda dan gejala komedo?

Secara umum, komedo ditandai dengan munculnya bintik kecil berwarna gelap di wajah. Beberapa orang mungkin salah menganggap bintik ini sebagai jerawat, tetapi komedo lebih ringan dan berwarna lebih gelap.

Warna gelap pada komedo disebabkan oleh pigmen melanin yang terpapar udara atau sinar matahari dan melalui proses oksidasi (reaksi antara zat dan oksigen).

Area kulit manusia yang paling rawan komedo adalah hidung, sekitar bibir, dan sekitar telinga. Masalah kulit ini juga bisa muncul di punggung, leher, lengan, dan dada.

Bagian-bagian tersebut memiliki jumlah folikel rambut hampir sama dengan wajah. Rambut tumbuh dari folikel rambut yang terdapat di pori-pori dan di dalam folikel tersebut ada kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak alami kulit.

Tips Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah

1. Gunakan Cleansing Oil

Tidak banyak orang yang tahu bahwa cleansing oil bisa menghapus komedo, karena fungsinya sebagai pembersih awal.

Ternyata, jenis pembersih wajah ini bisa membersihkan tumpukan sebum. Ini karena cleansing oil mampu membersihkan kotoran dan sel kulit mati karena teksturnya berbasis minyak, sehingga lebih efektif dalam membersihkan pori-pori.

Tidak hanya sampai di situ, cleansing oil juga bisa memelihara kelembaban kulit jika mengandung Rice Bran Oil yang kaya antioksidan, seperti Senka A.L.L Clear Oil. Kulit bersih dan kelembapan terjaga. Solusi yang menguntungkan, bukan?

2. Cuci Muka Dua Kali Sehari

Cara menghapus komedo berikutnya adalah dengan rajin membersihkan wajah dua kali sehari (pagi dan malam hari). Tujuannya agar keringat bersama debu dan kotoran yang menempel pada wajah setelah aktivitas seharian tidak terperangkap di pori-pori.

Namun, ingatlah untuk tidak melakukan over-cleansing. Soalnya, membersihkan wajah secara berlebihan dapat merangsang produksi minyak berlebih. Lama-kelamaan, komedo dapat timbul deh.

3. Terapi Uap

Cara menghapus komedo juga bisa melalui terapi uap, . Karena uap panas bisa membuka pori-pori wajah. Sehingga, kotoran yang ada di dalam pori-pori lebih mudah dibersihkan. Caranya pun mudah.

Siapkan wadah berisi air rebusan panas, lalu tundukkan kepala di atas permukaan wadah hingga uap menyentuh wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk hasil yang lebih baik, ulangi terapi uap ini dua kali seminggu ya!

4. Bersihkan dengan Salicylic Acid

Dikenal sebagai pembersih sel kulit mati, asam salisilat atau yang lebih dikenal dengan Salicylic Acid efektif membersihkan komedo di pori-pori, .

Karena asam ini akan melembutkan komedo sehingga mudah dikeluarkan saat membersihkan wajah. Biar kulitmu bebas komedo, gunakanlah pembersih wajah dengan kandungan Salicylic Acid, seperti Perfect Whip Acne Care. Untuk review lengkapnya, kamu bisa cek di sini, ya!

5. Pakai Pore Pack

Pore pack kerap dipilih untuk mengangkat komedo di hidung karena praktis dan cepat. Pemakaiannya pun mudah.

Pertama-tama, basahi area yang akan ditempeli pore pack dengan air hangat dan rekatkan plester selama 10-15 menit. Kalo udah kering dan kaku, tinggal tarik pore pack dari bagian bawah ke atas. Voila! Komedo pun terangkat dan kulit jadi lebih halus!

6. Usap dengan Toner Non-alkohol

Sudah coba cara menghilangkan komedo di atas? Kini, saatnya untuk memastikan ukuran pori-pori kembali seperti semula dengan mengusapkan toner non-alkohol pada wajah.

Gunanya toner ini untuk mengecilkan pori-pori yang terlanjur membesar. Jadi, debu dan kotoran nggak gampang masuk, yang memicu timbulnya komedo deh.

7. Lakukan Ekstraksi Wajah

Cara menghilangkan komedo dengan cepat adalah dengan ekstrasi wajah menggunakan alat khusus. Walau terkesan mudah, cara ini tidak disarankan untuk dilakukan sendirian karena dapat memicu jaringan parut (scar). So, kalo kamu tertarik untuk ekstrasi wajah, lakukanlah di klinik kecantikan tepercaya ya!

8. Oleskan Clay Mask

Kulitmu berminyak dan mudah terbentuk komedo? Well, clay mask atau masker tanah liat bisa menjadi pilihan untuk menghapus komedo, . Karena clay mask mengandung sulfur yang membantu proses regenerasi sel kulit mati dan membentuk komedo.

Cara penggunaannya, kamu bisa membersihkan wajah terlebih dahulu dengan metode double cleansing, baru oleskan clay mask di area wajah.

Pro tip, saat proses pengolesan masker, pastikan anak rambut di sekitar dahi terangkat semua ya supaya tidak menempel di clay mask. Setelah itu, baru deh didiamkan selama 10-15 menit dan bilas pakai air hangat.

9. Pilih Produk Non-komedogenik

Sudah mencoba cara menghilangkan komedo tapi masih ada? Bisa jadi karena kandungan skincare-mu komedogenik, . Sebelum membeli produk, pastikan produk tersebut non-komedogenik dengan membaca label atau bertanya pada konsultan kecantikan.

Beberapa contoh komposisi yang bisa kamu temui pada produk perawatan kulit yang bisa memicu komedo, seperti minyak, butter, dan wax. Kandungan-kandungan tersebut baiknya hindari dan kurangi untuk mencegah terbentuknya komedo.

10. Eksfoliasi dan Sheet Mask

Proses pengelupasan kulit (eksfoliasi wajah) dapat mengurangi munculnya komedo karena sel kulit mati dan kotoran di pori-pori terangkat.

Namun, harus berhati-hati jika kulit sedang berjerawat. Eksfoliasi dapat memperburuk jerawat dan membuat permukaan kulit lebih sensitif.

Untuk itu, gunakan produk eksfoliasi yang mengandung AHA dan BHA, untuk hidrasi kulit pakai sheet mask yang mampu melembapkan, seperti Senka Perfect Aqua Rich Mask – Extra Moist supaya skin barrier tetap terjaga.

Demikian ulasan mengenai Tips Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah, semoga bermanfaat dan mudah kalian pahami dan menambah wawasan kalian. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tips Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah yang dipublish pada 19 May 2024 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment