Cara Mengubah Format Foto ke JPEG Secara Lengkap di HP

Mengubah Format Foto ke JPEG – Mungkin kamu sudah tahu bahwa JPEG adalah salah satu format gambar yang sering dijumpai. Format gambar lain yang juga banyak dipakai adalah GIF dan PNG. Nama-nama format tersebut dapat dilihat pada akhiran nama suatu berkas yang berisi gambar.

Pengertian JPEG Secara Lengkap

JPEG adalah singkatan dari Joint Photographic Experts Group. Ekstensi berkas JPEG adalah salah satu jenis data yang sering digunakan saat ini untuk berbagi informasi. JPEG merupakan sebuah metode kompresi berkas bitmap yang mampu menyimpan hasil foto digital yang sebelumnya berukuran besar menjadi kecil. Namun, pada kenyataannya, perangkat penghasil gambar dengan ekstensi JPEG masih menghasilkan ukuran gambar yang cukup besar sehingga membuat pengguna mungkin perlu melakukan kompresi.

JPEG memiliki kelebihan, salah satunya menjadi standar gambar di internet. Selain itu, jenis data ini juga bisa dikirim dan dilihat secara bebas, sehingga memudahkan untuk mengunduh foto. Namun, JPEG tidak begitu baik untuk menyimpan gambar pajangan atau artistik. Format ini juga tidak ideal untuk penggunaan typography, crips line, atau bahkan hasil fotografi dengan sudut yang tajam. Sebab, suatu objek terkadang menjadi samar atau blur pada media yang penyimpanannya terbatas. Selain JPEG, ada pula format gambar lain untuk menyimpan berkas, seperti GIF, TIFF, dan PNG. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing format tersebut.

Cara Mengubah Format Foto ke JPEG di Handphone

Konversi dari JPG ke JPEG

Konversi dari JPG ke JPEG dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi File Manager di handphone.
  2. Cari foto yang akan diubah formatnya.
  3. Pilih foto dan buka menu More (berlambang titik-titik).
  4. Pilih Rename File.
  5. Ubah huruf ekstensi di belakang titik dari JPG menjadi JPEG.
  6. Tekan Save untuk menyimpannya.
  7. Foto kini sudah memiliki format JPEG.

Meskipun format JPG dan JPEG sama-sama merupakan format gambar yang umum digunakan, terdapat beberapa perbedaan di antara kedua format tersebut. JPG merupakan format yang lebih lama dan memiliki tingkat kompresi yang lebih rendah dibandingkan JPEG, sehingga ukurannya biasanya lebih besar. JPEG, di sisi lain, merupakan format yang lebih baru dan memiliki tingkat kompresi yang lebih tinggi, sehingga ukurannya biasanya lebih kecil. Sebagai contoh, foto dengan resolusi yang sama dapat memiliki ukuran yang lebih kecil jika disimpan dalam format JPEG dibandingkan jika disimpan dalam format JPG.

Konversi dari HEIF ke JPEG

Konversi dari HEIF ke JPEG dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, Opera, atau lainnya) di handphone.
  2. Kunjungi situs Convertio untuk konversi HEIF atau HEIC.
  3. Tekan tombol Choose Files dan pilih foto yang diinginkan.
  4. Tekan tombol Convert untuk memulai proses.
  5. Setelah foto berhasil dikonversi, tekan tombol Download.
  6. File foto bisa ditemukan pada folder Download di handphone maupun Gallery.

Format HEIF (High Efficiency Image File) adalah format foto yang lebih baru dan memiliki tingkat kompresi yang lebih tinggi dibandingkan JPG atau JPEG. Hal ini memungkinkan ukuran foto yang sama dengan JPG atau JPEG namun dengan kualitas yang lebih tinggi. Namun, tidak semua aplikasi atau situs mendukung format HEIF, sehingga kadang-kadang perlu untuk mengubahnya ke format yang lebih umum seperti JPEG agar dapat dibuka atau diunggah.

Konversi dari RAW ke JPEG

Konversi dari RAW ke JPEG dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Unduh dan install aplikasi Snapseed di handphone.
  2. Jalankan aplikasi setelah terpasang.
  3. Cari foto berformat RAW atau DNG yang diinginkan lewat file manager atau galeri.
  4. Pilih menu Share dan tekan menu Snapseed RAW to JPEG.
  5. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada menu pengeditan foto di Snapseed.
  6. Setelah pengeditan dirasa selesai, tekan tombol OK yang berlambang centang di bagian kanan bawah.
  7. Selanjutnya, tekan tombol Share di bagian atas untuk menyimpan foto yang telah berformat JPEG.

Format RAW merupakan format foto yang tidak terkompresi dan mempertahankan semua data asli yang diambil oleh sensor kamera. Format ini biasanya memiliki ekstensi .RAW atau .DNG (Digital Negative) dan dapat memberikan kualitas gambar yang lebih tinggi ketika dibandingkan dengan format yang terkompresi seperti JPG atau JPEG. Namun, format RAW biasanya memiliki ukuran file yang lebih besar dibandingkan format lainnya, sehingga tidak semua aplikasi atau situs mendukungnya. Dengan menggunakan aplikasi seperti Snapseed, kamu dapat mengubah foto dengan format RAW atau DNG ke format JPEG yang lebih umum digunakan.

Selain itu, hampir semua format gambar seperti PNG, GIF, BMP, ICO, SVG, TIFF, RGB, dan lainnya juga dapat diubah ke format JPEG dengan menggunakan konverter yang terdapat di situs Convertio.

Konversi dari banyak format gambar ke JPEG

Konversi dari banyak format gambar ke JPEG dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, Opera, atau lainnya).
  2. Kunjungi situs Convertio.
  3. Pada halaman utama, tekan tombol Choose Files.
  4. Pilih gambar yang diinginkan.
  5. Tentukan format gambar JPEG sebagai hasil yang akan dikonversi.
  6. Tekan tombol Convert untuk memulai proses.
  7. Setelah gambar berhasil dikonversi, tekan tombol Download.
  8. Hasilnya bisa ditemukan pada folder Download di handphone maupun Gallery.

Format JPEG (Joint Photographic Experts Group) merupakan salah satu format gambar yang paling umum digunakan. Format ini memiliki tingkat kompresi yang tinggi sehingga dapat memiliki ukuran file yang kecil, namun kualitas gambar yang dihasilkan masih tetap tinggi. Meskipun format JPEG merupakan format yang sangat umum, ada banyak format gambar lainnya yang juga sering digunakan seperti PNG, GIF, BMP, ICO, SVG, TIFF, dan RAW. Dengan menggunakan situs seperti Convertio, kamu dapat mengkonversi banyak format gambar ke format JPEG dengan mudah dan cepat.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengubah Format Foto ke JPEG Secara Lengkap di HP, semoga mudah kalian pahami dan bisa membantu serta menambah wawasan untuk kalian. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Mengubah Format Foto ke JPEG Secara Lengkap di HP yang dipublish pada 30 December 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment