Cara Mengubah Sinyal 2G / 3G Menjadi 4G Lengkap

SinauNews – 2G / 3G Menjadi 4G, Saat ini, jaringan 4G menjadi primadona bagi pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan memiliki kecepatan internet jauh lebih cepat dibandingkan jaringan generasi sebelumnya, yaitu E (Edge) ataupun 3G H+.

Meskipun kabar jaringan 5G sudah siap diluncurkan di Indonesia, namun 4G masih mendominasi smartphone-smartphone ternama, seperti Xiaomi, Samsung, Asus, Realme, Oppo, Vivo, dan lain sebagainya.

Namun, jika Anda masih menggunakan jaringan generasi lama baik Edge ataupun 3G, alangkah baiknya Anda mengubah sinyal E atau H+ tersebut ke 4G. Sebelum mengubah jaringan ke 4G, pastikan bahwa HP Anda sudah support sinyal 4G dengan cara melihat spesifikasi smartphone melalui Google.

Meskipun jaringan 4G terbilang memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan E atau H+, namun jaringan dibawahnya masih tetap dibutuhkan dalam kondisi tertentu.

Mengenai Jaringan 4G

4G adalah singkatan dari Fourth Generation atau generasi keempat dari standar teknologi informasi dan komunikasi. 4G dipercaya memberikan banyak fitur serta nilai tambah dibanding 3G.

Selain memiliki seluruh fasilitas 3G, transmisi data 4G dipercaya memiliki standar kecepatan transmisi berkisar antara 100 Mbps–1 Gbps. Fitur seperti percakapan, internet, chatting, jejaring, permainan, video, atau apapun yang ada dalamnya dapat dinikmati dengan lebih baik dibandingkan dengan 3G.

Menjadi jaringan tercepat, teknologi 4G dapat menyediakan kecepatan download 4 sampai 5 kali lebih cepat daripada 3G, bahkan hingga 10 kali lipatnya. Konsumen dapat mengakses internet dimanapun dan kapanpun selama berada pada jangkauan tempat dengan perangkat 4G, termasuk smartphone, tablet, dan hotspot.

Cara Mengubah Sinyal 2G / 3G Menjadi 4G di Android

Untuk melakukan pengaturan atau perubahan dari 2G atau 3G ke 4G LTE, anda bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sebelum melakukan metode yang saya berikan, pastikan smartphone atau tablet android anda memang telah support dengan jaringan 4G LTE. Perlu anda ketahui bahwa tidak semua perangkat Android support dengan teknologi LTE, tergantung dari produsen smartphone ingin menambahkan teknologi 4G LTE atau tidak.

Dan untuk melakukan perubahan jaringan pada perangkat Android, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini:

A. Cara Manual Mengubah Sinyal Menjadi 4G LTE

Untuk cara pertama, sebagai contohnya saya lakukan pada Oppo A37 dengan Sistem Pengoperasian Android Lollipop v5.0. Bagi anda yang menggunakan smartphone Android merek lain dengan sistem operasi yang berbeda, bisa menyesuaikan.

Intinya, tetap sama dan hanya berbeda dalam langkah-langkahnya saja. Langsung saja, simak Metode Mengubah Sinyal 2G GSM / 3G HSPA Menjadi 4G LTE Di Android dibawah ini.

1. Langkah pertama, buka menu “Pengaturan” atau “Setelan” pada HP Android anda. Selanjutnya, pilih “SIM Ganda dan Jaringan Nirkabel”. Pada bagian ini, biasanya setiap smartphone berbeda-beda, sesuaikan saja dengan fitur atau menu yang ada pada pengaturan tersebut.

2. Kemudian, pilih “Jenis Jaringan Yang Dianjurkan”. Pada bagian ini, anda bisa memilih jaringan sesuai keinginan anda. Jika anda ingin menggunakan jaringan 4G, maka cukup tap “4G/3G/2G (Otomatis)”.

3. Dan jika memang daerah atau area tempat tinggal anda mendukung jaringan 4G LTE, maka saat membuka internet status bar anda akan berubah menjadi 4G LTE. Melakukan streaming video online dan membuka banyak aplikasi online akan terasa lebih cepat. Selain itu, download juga akan lebih cepat.

4. Selesai.

B. Menggunakan Kombinasi Kode Angka

Selain cara manual di atas yang masuk pada menu pengaturan, ada cara cepat lain yang dapat anda gunakan yaitu dengan menggunakan kombinasi angka dan simbol.

Cara ini mungkin tidak diketahui oleh banyak orang, namun cara ini patut untuk anda coba karena cukup menarik dan lebih optimal saat melakukan pencarian jaringan 4G LTE. Langsung saja, untuk melakukan cara ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Langkah pertama, masuk ke aplikasi “Dial Phone” atau “Telepon”. Selanjutnya, ketikkan nomor ##4636## lalu tekan “CALL” atau “DIAL”.

2. Setelah anda melakukan cara diatas, maka akan muncul menu pilihan, tap “Informasi Telepon”, lalu anda ubah pada bagian “Setel Jaringan Yang Disukai” atau “Set Preferred Network Type” dari WCDMA Only menjadi 4G LTE Only.

3. Selesai.

Dengan melakukan perubahan tersebut, dijamin smartphone Android anda akan memiliki koneksi internet yang lebih cepat dan lebih kencang.

Namun, ada sedikit catatan bahwa jika kota atau tempat tinggal anda minim dengan jaringan 4G LTE, maka koneksi tetap saja akan kembali ke 3G atau 2G. Jika nantinya malah tidak tersambung, maka sebaiknya kembalikan lagi ke jaringan default yaitu WCMDA Only.

 

Nah itulah ulasan mengenai Cara Mengubah Sinyal 2G / 3G Menjadi 4G Lengkap, semoga mudah kalian pahami dan bisa di praktekan ketika kalian membutuhkannya. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Mengubah Sinyal 2G / 3G Menjadi 4G Lengkap yang dipublish pada 24 January 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment