Tips Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sederhana

SinauNews – Cara Menurunkan Berat Badan, Menjaga berat badan ideal memang menjadi tantangan bagi banyak orang. Namun, hal tersebut tidak perlu dibuat rumit. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan secara sederhana dan efektif. Berikut adalah Cara Menurunkan Berat Badan.

Berat badan yang berlebih atau obesitas adalah salah satu penyebab utama berbagai penyakit berbahaya, bahkan bisa memthreaten jiwa. Oleh karena itu, sangat penting untuk memantau berat badan secara teratur.

Dengan memiliki berat badan yang sehat, kita akan memiliki tubuh yang ideal dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Berat badan yang ideal akan membantu mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, kolesterol, dan masalah kesehatan lainnya yang sering dialami oleh orang dengan berat badan berlebih.”

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

1. Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Untuk menghitung berat badan ideal, Anda bisa menggunakan rumus Broca. Rumus ini ditemukan oleh Paul Broca dan membedakan cara perhitungan antara pria dan wanita karena memiliki komposisi tubuh yang berbeda.

Walaupun perhitungan berat badan ideal untuk pria dan wanita berbeda, rumus ini mudah digunakan. Berikut adalah rumusnya:

  1. Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]
  2. Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

Misalnya untuk pria, jika kamu memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitungnya adalah (170-100)-[(170-100)x10%], 70-7= 63. Jadi, berat badan ideal kamu adalah 63 kilogram.

Sedangkan, jika kamu seorang wanita dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Jadi, berat badan kamu adalah 49,3 kilogram.

2. Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah cara untuk menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Berbeda dari rumus sebelumnya yang membedakan perhitungan antara pria dan wanita, IMT membedakan perhitungan berdasarkan usia.

Kalculator IMT, yang juga tersedia melalui aplikasi Halodoc, bisa digunakan oleh orang yang sudah berusia 20 tahun ke atas. Namun, bagi mereka yang berusia di bawah 20 tahun, ada cara perhitungan lain yang bisa dilakukan.

Dengan menggunakan kalculator IMT, Anda bisa mengetahui apakah berat badan seseorang masuk dalam kategori ideal atau tidak. Meskipun demikian, IMT bisa memberikan kesalahpahaman pada atlet atau olahragawan.

Hal ini karena berat badan juga terdiri dari massa otot, sehingga atlet bisa dinyatakan kelebihan berat badan, padahal sebenarnya tidak. Sebelum mencoba kalkulator IMT, ada baiknya memahami beberapa hal penting mengenai perhitungan ini:

  1. Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25.
  2. Jika angka BMI melebihi 25, kamu memiliki berat badan berlebih.
  3. Sedangkan, jika angka BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang.
  4. Jika angka BMI sudah melebihi angka 40, sebaiknya dilakukan penanganan secepatnya karena angka ini menunjukkan tanda bahaya.

Cara menghitungnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

Sebagai contohnya, jika berat badan kamu 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, nilai BMI kamu adalah 47:(1,63)= 17.8. Berarti, berat badan kamu termasuk di bawah rata-rata.

Tips Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sederhana

Untuk menjaga berat badan turun secara permanen, cara terbaiknya adalah menurunkan berat badan secara perlahan. Gunakan satu atau lebih dari strategi sederhana dan tidak menyakitkan ini untuk membantu menurunkan berat badan tanpa melakukan diet. Simak baik-baik mengenai Cara Menurunkan Berat Badan berikut ini :

1. Hindari melewatkan sarapan

Melewati sarapan tidak akan membantu dalam menurunkan berat badan. Anda bisa kehilangan nutrisi penting dan mungkin akan makan lebih banyak camilan sepanjang hari karena perut terasa lapar.

Menurut Elizabeth Ward, MS, RD, penulis The Pocket Idiot’s Guide to the New Food Pyramids yang dikutip dari laman WebMD, banyak orang berpikir bahwa melewatkan sarapan adalah cara untuk mengurangi kalori, tetapi mereka justru sering makan lebih banyak sepanjang hari.

2. Pilih kalori yang tepat

Minuman manis menumpuk kalori, tetapi tidak mengurangi rasa lapar seperti makanan padat. Puaskan dahaga dengan air putih, air soda dengan jeruk, susu rendah lemak, atau jus buah 100 persen dalam porsi kecil.

3. Minum teh hijau

Teh hijau adalah minuman alami yang kaya antioksidan. Ini dikaitkan dengan berbagai manfaat seperti meningkatkan pembakaran lemak dan membantu menurunkan berat badan.

Teh hijau bisa menambah pengeluaran energi sebesar 4% dan mempercepat pembakaran lemak hingga 17%, terutama pada lemak perut yang berbahaya. Teh hijau matcha adalah jenis teh bubuk yang lebih kuat dalam manfaat daripada teh hijau biasa.

4. Makan secara teratur

Menurut laman NHS UK, makan pada waktu siang dapat membantu membakar kalori lebih cepat. Ini juga membantu mengurangi godaan makan camilan berlemak dan manis. Makan secara teratur bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Rutin olahraga

Lebih banyak bergerak adalah salah satu kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, olahraga juga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat Kalian hilangkan melalui diet saja.

6. Lebih banyak minum air putih

Menurut laman Healthline, air bisa membantu menurunkan berat badan. Minum 0,5 liter air bisa menambah kalori yang dibakar hingga 24-30% selama 1 jam setelahnya. Air putih baik untuk menurunkan berat badan jika menggantikan minuman tinggi kalori dan gula lainnya.

7. Makanan yang tinggi serat

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu Kalian tetap merasa kenyang, ini sangat cocok untuk bantu menurunkan berat badan. Serat hanya ditemukan dalam makanan dari tumbuhan seperti buah dan sayuran, roti gandum, nasi merah dan pasta, dan kacang-kacangan.

8. Makan lebih lambat

Makan terlalu cepat bisa membuat Anda makan terlalu banyak kalori sebelum perasaan kenyang datang. Ini bisa memperburuk obesitas, dibandingkan dengan makan yang lebih lambat. Mengunyah makanan lebih lama dikenal membantu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dan meningkatkan produksi hormon yang membantu menurunkan berat badan.

9. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga sangat penting untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur hingga 55 persen lebih memungkinkan untuk mengembangkan obesitas, dibandingkan dengan orang dengan tidur yang cukup.

Hal ini bisa terjadi karena kurang tidur dapat mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan, yang dapat menyebabkan regulasi nafsu makan yang buruk.

10. Sikat gigi setelah makan

Banyak orang membersihkan gigi setelah makan untuk mengurangi gula dan makan antara waktu makan. Ini karena setelah membersihkan gigi, makanan tak lagi terasa enak dan meminimalisir nafsu makan.

11. Batasi asupan gula tambahan

Makan banyak gula tambahan dikaitkan dengan beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2 hingga kanker. Meminimalkan asupan gula tambahan adalah cara yang bagus untuk memperbaiki pola makan Kalian.

12. Minum kopi

Minum kopi dapat mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan tingkat energi dan jumlah kalori yang Kalian bakar. Kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme Kalian sekitar 3 sampai 11 persen. Selain itu, kopi juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23 sampai 50 persen.

13. Gunakan piring yang lebih kecil

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu Kalian makan lebih sedikit. Menggunakan piring yang lebih kecil dapat mengurangi jumlah makanan yang Kalian makan, sekaligus memberi Kalian persepsi bahwa Kalian telah makan lebih dari biasanya.

14. Mengelola tingkat stres

Menurut Medical News Today, stres bisa memicu pelepasan hormon yang memperlambat nafsu makan. Namun, jika tertekan terus-menerus, kortisol bisa tetap beredar dan meningkatkan nafsu makan. Penelitian menemukan bahwa program manajemen stres selama 8 minggu dapat menurunkan IMT anak dan remaja yang obesitas secara signifikan.

15. Baca label kemasan

Dengan membaca label kemasan, dapat membantu Kalian memilih pilihan yang makanan yang lebih sehat. Gunakan informasi kalori untuk mengetahui bagaimana makanan tertentu cocok dengan tunjangan kalori harian Kalian pada rencana penurunan berat badan.

Nah itulah ulasan secara lengkap dari kami mengenai Tips Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sederhana, semoga mudah dipahami dan bisa menambah wawasan kalian serta bermanfaat.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tips Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sederhana yang dipublish pada 26 January 2024 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment