Cara Screenshot di Laptop dan MacBook Mac OS

Cara Screenshot di Laptop – Screenshot adalah salinan gambar yang diambil dari layar laptop atau perangkat lain seperti smartphone atau tablet. Screenshot di laptop dapat digunakan untuk menangkap apa yang sedang terjadi pada layar laptop, seperti halaman web, aplikasi, atau menu. Anda dapat menggunakan screenshot untuk berbagi konten dengan orang lain atau menyimpan record dari apa yang sedang Anda lakukan di laptop. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di laptop, tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan.

Cara Screenshot di Laptop Atau PC

Setiap laptop dengan sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, hingga Windows 10, memiliki cara dasar yang sama untuk melakukan screenshot. Namun, setiap sistem operasi Windows juga memiliki cara lain yang berbeda, dan tidak dapat dilakukan pada sistem operasi yang berbeda. Berikut ini adalah cara untuk melakukan screenshot di laptop Windows.

1. Cara Screenshot di Laptop dengan Tombol PrintScreen

Salah satu cara mudah untuk melakukan screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol PrintScreen (prt sc). Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan tampilan layar yang akan di-screenshot.
  • Tekan tombol ‘Prt Sc’ pada keyboard. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas keyboard laptop, dan seringkali terletak di pojok kanan atas.
  • Buka aplikasi ‘Paint’ bawaan Windows, kemudian tekan menu ‘paste’ atau tekan ‘ctrl + v’. Anda juga bisa melakukan ini dengan klik kanan pada mouse atau mouse pad, lalu pilih paste.
  • Hasil screenshot layar laptop atau komputer akan langsung terlihat di paint. Kemudian, Anda dapat menyimpan dengan memilih menu File > Save As > JPEG. Selain format JPEG, Anda juga dapat memilih format gambar lainnya sesuai kebutuhan, misalnya PNG.
  • Selain menggunakan paint, Anda juga bisa menggunakan aplikasi screenshot laptop lain seperti Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot tersebut.
    Perhatikan bahwa tidak semua laptop bisa melakukan cara screenshot di atas. Ada beberapa laptop yang harus mengombinasikan tombol Prt Sc dengan tombol lainnya.

2. Menggunakan Tombol Windows + Prt Sc

Cara mengambil screenshot di laptop ini dapat diterapkan mulai dari Windows XP yang masih ada, dan meskipun sudah tidak diupdate lagi, cara ini masih dapat dilakukan di Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10.

Cara mengambil screenshot di laptop Windows:

  • Tekan Logo Windows + Print Screen (Prt Sc) secara bersamaan pada keyboard komputer.
  • Setelah itu layar laptop atau komputer akan berkedip sebentar, yang menunjukkan bahwa proses screenshot telah selesai.
  • Gambar hasil screenshot akan disimpan secara otomatis di folder gambar laptop yang tepatnya C:\Users[nama user]\Pictures\Screenshots.

3. Menggunakan Snip & Sketch

Cara mengambil screenshot di laptop menggunakan Snip & Sketch cukup mudah. Kita hanya perlu menekan tombol Windows + Shift + S. Setelah selesai, jendela baru akan muncul, di mana layar yang ditangkap akan muncul. Untuk mengambil screenshot di komputer, cukup gerakkan kursor bersimbol ‘+’ dan letakkan pada bagian layar laptop atau komputer yang ingin disimpan. Metode ini mirip dengan ketika kita ingin memotong (crop) gambar. Bagian layar yang ditangkap akan berubah warna menjadi terang, dan setelah selesai, hasil screenshot akan muncul di sudut kanan bawah layar laptop atau komputer. Pilih untuk melihat hasil screenshot di clipboard, dan mengedit gambar dengan menambahkan atau mengurangi bagian tertentu. Setelah selesai, klik ikon bergambar disket untuk menyimpan hasil screenshot dan memilih folder tempat menyimpannya.

4. Menggunakan Snipping Tool

Pada sistem operasi Windows, terdapat aplikasi bawaan bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk mengambil screenshot di komputer dan membuat anotasinya. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu membukanya dengan memanggil melalui Cortana (Windows 10) atau klik Start dan ketik ‘snipping tool’. Setelah aplikasi terbuka, klik new dan langsung pilih area screenshot yang dipilih. Setelah itu Anda bisa langsung menyimpannya atau mengambil screenshot ulang bila merasa tidak puas. Fitur Snipping Tools ini pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista dan menjadi cara mengambil screenshot di laptop dan komputer yang paling mudah dilakukan.

5. Menggunakan Tombol Windows + G

Cara mengambil screenshot di laptop juga bisa dilakukan melalui game bar, dengan cara menekan tombol Windows dan ‘G’. Setelah tombol ditekan, game bar akan muncul, di mana Anda bisa memilih ‘Capture’ untuk menangkap layar laptop. Selain dapat mengambil screenshot di laptop dan komputer, game bar juga dapat digunakan untuk merekam layar, dan melakukan live streaming ketika bermain game. Cara mengambil screenshot layar laptop dan komputer menggunakan metode ini juga cukup mudah. Setelah Anda menekan tombol Windows + G, maka jendela baru akan muncul. Pilih ikon bergambar kamera untuk mengambil screenshot. Hasil screenshot akan muncul di jendela ‘Gallery’ dan Anda bisa membukanya dengan cara klik tombol ‘Open File Location’ yang ada di pojok kanan bawah. Yang menarik dari metode ini, selain bisa mengambil screenshot layar laptop dan komputer, Anda juga bisa membagikan hasil screenshot ke Twitter, menyimpannya di clipboard, bahkan membuat meme untuk diunduh ke internet.

6. Menggunakan tombol Alt + Prt Sc:

Screenshot ini bisa dilakukan di sistem operasi Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Caranya hampir sama seperti sebelumnya, yaitu dengan menekan tombol Alt + Prt Sc. Kemudian buka aplikasi Paint atau Microsoft Word untuk menempelkan hasil screenshot yang telah diambil. Perbedaan dari cara ini terlihat pada hasil screenshot, dimana hanya jendela yang sedang aktif yang akan dicapture. Sementara bagian taskbar dan bagian lain tidak akan tercakup dalam screenshot.

7. Menggunakan tombol Windows + Volume Down:

Cara ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna perangkat Windows Surface. Cara untuk melakukan screenshot pada perangkat ini sangat mudah, cukup dengan menekan tombol Windows yang dikombinasikan dengan tombol Volume Down. Hasil screenshot akan disimpan secara otomatis di folder screenshot.

8. Menggunakan aplikasi pihak ketiga:

Cara terakhir untuk screenshot di laptop adalah dengan menggunakan aplikasi screenshot yang banyak tersedia di internet, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Beberapa aplikasi rekomendasi termasuk Screenrec, Lightshot, Greenshot, dan ShareX. Tentunya masih ada banyak pilihan lain yang bisa Anda temukan. Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Screenshot di MacBook Mac OS

Tentunya, ada perbedaan antara cara screenshot di laptop dan di MacBook. Karena, laptop lain menggunakan Windows atau Linux. Sementara Macbook, menggunakan Mac OS. Lalu bagaimana cara screenshot layar Mac OS? Simak caranya di bawah ini.

Berikut adalah cara-cara screenshot di MacBook yang menggunakan sistem operasi Mac OS:

1. Menggunakan tombol Shift + Command + 3

Ini adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk mengambil screenshot di MacBook. Tekan tombol Shift + Command + 3 secara bersamaan, maka akan otomatis tercapture seluruh layar yang ada di MacBook Anda. Screenshot tersebut akan disimpan secara otomatis di folder desktop.

2. Menggunakan tombol Shift + Command + 4

Cara ini lebih fleksibel dibandingkan dengan cara pertama, karena Anda bisa mengambil screenshot hanya pada bagian tertentu saja dari layar MacBook Anda. Setelah menekan tombol Shift + Command + 4, akan muncul tanda kursor yang bisa Anda gerakkan ke seluruh layar MacBook. Tekan tombol Spasi, maka kursor akan berubah menjadi kamera. Kemudian klik dan tahan pada bagian layar yang ingin diambil screenshot-nya, lalu lepaskan untuk menyelesaikan proses screenshot. Hasil screenshot akan disimpan secara otomatis di folder desktop.

3. Menggunakan tombol Shift + Command + 5

Cara ini hampir sama dengan cara kedua, namun Anda juga bisa mengatur opsi-opsi lain seperti menyimpan hasil screenshot ke clipboard atau mengatur timer untuk proses screenshot. Setelah menekan tombol Shift + Command + 5, akan muncul jendela kecil dengan opsi-opsi yang bisa Anda pilih. Kemudian ikuti langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Nah itulah ulasan mengenai Cara Screenshot di Laptop dan MacBook Mac OS, secara lengkap dan rinci, semoga mudah kalian pahami dan praktekkan. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Screenshot di Laptop dan MacBook Mac OS yang dipublish pada 29 December 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment