Format RPP Satu Halaman Inisiatif Mendikbud Didalam Merdeka Belajar

Format RPP Satu Halaman-Yuk simak, pada pertemuan kali ini kami akan memberikan ulasan Format RPP Satu Halaman Inisiatif Mendikbud Didalam Merdeka Belajar. Di akhir tahun 2019, ada inisiatif yang diluncurkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim dalam kebijakan pendidikan terkait “Merdeka Belajar” yaitu Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang gutu dalam mengajar di dalam kelas, secara prinsip RPP yang kemudian hanya akan menjadi satu lembar itu adalah peraturan dari mendikbud nadiem makarim. Kenapa bisa ramping, karena RPP 1 lembar hanya memuat tiga komponen utama pembelajaran, yaitu : tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian. RPP menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran didalam mencapai sebuah kompetensi dasar (KD) yang sudah ditetapkan dalam kompetensi inti (KI) dan dijabarkandalam silabus, RPP wajib di miliki guru sebagai bagiam dari perangkat ajar.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau bisa lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).

Menurut mendikbud, inisiatif dari penyederhanaan RPP ini ditujukan untuk guru agar bisa meringankan beban administrasi guru. RPP sebelumnya terdiri dari belasan komponen, maka kini disederhanakan menjadi 3 komponen inti yang dibuat hanya dalam satu halaman, yaitu :

  1. Tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan pembelajaran
  3. Asesmen atau penilaian pembelajaran

Sebenarnya esensi RPP adalah proses refleksi dari pada guru itu sendiri, pada saat dia menulis suatu RPP maka dia melaksanakan di kelas besoknya, lalu di kembali pada RPP itu untuk melakukan refleksi. Tercapai atau tidak apa yang dia maksudkan? nah dari situlah pembelajaran terjadi. Jadi bukan dengan menulis 10 halaman sekedar buat administrasi” disampaikan demikian oleh Nadiem Makarim dalam Rapat Koordinasi tersebut.

Maka dari itu guru harus kompeten dan mampu memahami 3 komponen inti RPP itu sendiri, sementara lainnya adalah sebagai pelengkap. Dengan adanya kebijakan baru mengenai penyederhanaan RPP ini, guru akan bebas membuat,memilih,mengembangkan dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid, sesuai yang tercantum dalam Surat Edaran PERMENDIKBUD No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP.

  1. Efisien,berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu serta tenaga
  2. Efektif,berarti penulisan RPP dilakuakn untuk bisa mencapai tujuan pembelajaran
  3. Berorientasi pada siswa,berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan,ketertarikan dan kebutuhan siswa didalam kelas.

 

Berikut file PDF yang bisa kalian baca mengenai :

  1. Surat Edaran PERMENDIKBUD No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP : KLIK DISINI
  2. Contoh Format RPP 1 Halaman : KLIIK DISINI

 

Demikian ulasan mengenai Format RPP Satu Halaman Inisiatif Mendikbud Didalam Merdeka Belajar, semoga mudah kalian pahami dan bermanfaat untuk proses belajar mengajar. Semoga sukses.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Format RPP Satu Halaman Inisiatif Mendikbud Didalam Merdeka Belajar yang dipublish pada 19 March 2024 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment