Hal-hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mempunyai Asuransi Jiwa

 

Asuransi jiwa – Asuransi jiwa adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan proteksi atas kerugian pada ahli waris dan keluarga jika nasabah atau pemegang polis meninggal dunia ataupun mengalami cacat tetap total. Perlindungan dari asuransi jiwa bisa melindungi kualitas hidup anggota keluarga, jika karena hal tak terduga, ditinggal pergi selamanya oleh pemegang polis sebagai pencari nafkah utama.

Proteksi keuangan ini berwujud pemberian bantuan uang tunai ataupun uang pertanggungan( UP). Sebagai salah satu produk asuransi, asuransi jiwa memberikan keuntungan dan manfaat untuk ahli waris serta keluarga nasabah atau pemegang polis asuransi. Namun, sebelum membahas apa saja manfaat ataupun keuntungan mempunyai asuransi jiwa, Kamu wajib terlebih dulu mengetahui jenis, dan bagaimana cara memilih asuransi jiwa yang pas.

 

Jenis Asuransi Jiwa dan Preminya

Jenis asuransi jiwa dan premi yang umumnya ditawarkan pihak perusahaan asuransi terdiri dari:

1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup/ Whole Life Insurance

Memberikan garansi seumur hidup ataupun selama polis berlaku, dan memberikan manfaat garansi yang sekaligus tabungan. Manfaat uang garansi meninggal dunia diserahkan selama masa hidup nasabah, selama tetap membayarkan premi. Sesuai untuk nasabah usia lanjut.

2. Asuransi Jiwa Berjangka

Seperti namanya, asuransi jiwa jenis ini memberikan pertanggungan dalam jangka waktu khusus ataupun disebut juga dengan jangka waktu polis atau policy term. Misalya, hanya 1, 5, 10, 20, ataupun maksimal 30 tahun, sehingga sesuai untuk perlindungan jangka pendek. Adapun manfaat polis hanya akan dibayar ketika tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang telah ditentukan ataupun selama polis masih legal.

3. Asuransi Jiwa Bagian Link

Jenis asuransi ini ialah gabungan antara asuransi jiwa dan investasi. Sehingga, memberikan manfaat uang garansi dan nilai tunai investasi sekaligus, di mana beberapa premi dipakai untuk asuransi dan lebihnya diinvestasikan. Hasilnya, premi yang dibayar nasabah akan dialokasikan jadi premi dasar, baik untuk uang garansi dan juga premi investasi itu sendiri.

4. Asuransi Jiwa Dwiguna/ Endowment Insurance

Jenis asuransi jiwa satu ini akan memberikan manfaat dengan 2 kondisi, yaitu apakah pihak tertanggung meninggal selama waktu durasi garansi. Sementara untuk manfaaat kedua adalah, hidup hingga akhir jangka pertanggungan itu sendiri.

 

Keuntungan dan Manfaat Asuransi Jiwa

Ada berbagai keuntungan dan manfaat yang akan Kamu peroleh bila mempunyai asuransi jiwa, antara lain:

1. Memberikan proteksi dari resiko kematian

Asuransi jiwa bisa memberikan proteksi untuk keluarga yang ditinggalkan, ketika terjadi keadaan yang tidak diinginkan terjadi pada pihak tertanggung, misalnya meninggal dunia, dan bisa menyebabkan keluarga nasabah kehilangan sumber penghasilan. Dalam hal ini, pihak perusahaan asuransi akan membagikan sejumlah uang garansi pada ahli waris sesuai yang ditunjuk pada polis.

2. Memastikan kelangsungan hidup dari ahli waris

Dalam hal ini, memastikan pihak keluarga dari pemegang polis ataupun dalam hal ini pihak ahli waris, akan mendapatkan bantuan di mana nantinya bantuan yang diserahkan dapat digunakan untuk bermacam kebutuhan hidup atau untuk meneruskan hidup.

3. Memberikan rasa tenang

Memiliki asuransi jiwa secara tidak langsung akan memberikan proteksi baik pada Kamu sebagai pemegang premi, dan keluarga yang ditinggalkan. Dalam hal ini, ada jaminan keuangan, setelah pihak pemegang premi meninggal dunia ataupun mengalami cacat.

4. Membantu mengatur uang secara lebih bijak

Dengan adanya asuransi maka resiko pengeluaran mendadak yang besar dialihkan jadi pengeluaran premi rutin, sehingga kas keuangan lebih terkendali. Alasannya, secara tidak langsung, Kamu sebagai pemegang premi dituntut lebih bijaksana mengatur keuangan. Kondisi ini membuat Kamu harus mengubah gaya hidup boros, sehingga tidak mengalami kesulitan finansial.

5. Manfaat santunan cacat permanen atau sebagian

Asuransi jiwa juga memberikan proteksi kepada kondisi cacat permanen ataupun setengah, akibat kecelakaan atau penyebab yang lain, dari pihak tertanggung ataupun dalam hal ini pemenang premi itu sendiri. Besaran manfaat yang diberikan bisa mencapai 100% dari angka garansi ataupun sesuai dengan akad sebelumnya.

6. Sebagai persiapan pensiun

Salah satu jenis asuransi jiwa bernama” Unit Link” ataupun” Asuransi Dwiguna” akan membagikan manfaat berbentuk persiapan masa pensiun.

 

Polis Asuransi Jiwa dan Cara Membacanya

Setelah mengenali apa saja jenis- jenis asuransi jiwa dan manfaat memilikinya, waktunya untuk Kamu memahami polis asuransi. Seperti dikenal, polis asuransi adalah suatu surat perjanjian asuransi, antara pihak penjamin dalam hal ini industri asuransi dan juga pihak tertanggung dalam hal ini nasabah asuransi itu. Surat akad itu nantinya akan memuat beberapa perjanjian pengalihan resiko syarat- syarat, dan komitmen antara 2 belah pihak.

Supaya tidak salah memahami, maka Kamu wajib bisa membaca isi umum dari polis asuransi jiwa, ialah:

1. Hak untuk mempelajari polis. Dimana umumnya waktu yang diberikan sekitar 14 hari.

2. Data dari pihak pemenang polis dan juga pihak tertanggung.

3. Aneka manfaat dari asuransi yang digunakan.

4. Adanya pengecualian khusus. Artinya adalah hal yang bisa menyebabkan klaim dari pihak tertanggung ditolak.

5. Determinasi dari premi asuransi itu sendiri. Dalam hal ini rincian premi yang wajib Kamu bayar.

6. Adanya potongan biaya. Yang umumnya akan mengurangi manfaat asuransi yang akan diperoleh.

 

Penutup

Nah itulah beberapa ulasan dari kami mengenai Hal- hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mempunyai Asuransi Jiwa, Mudah- mudahan ulasan ini bisa membuat Kamu jadi lebih mengerti tentang asuransi jiwa dan bagaimana metode membaca polis asuransinya. Semoga Bermanfaat

 

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Hal-hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mempunyai Asuransi Jiwa yang dipublish pada 23 August 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment