Intip Keunggulan Asuransi Syariah Dibanding Konvensional

 

Keunggulan Asuransi Syariah – Sebagian besar orang pasti pernah memperoleh penawaran produk asuransi, baik jiwa ataupun kesehatan. Tetapi, pernahkah Kamu mendengar produk asuransi syariah? Diambil dari beberapa sumber, arti dari asuransi syariah adalah suatu usaha untuk saling mencegah dan saling tolong menolong di antara para peserta asuransi( pelanggan).

Bersumber pada catatan Otoritas Jasa Keuangan hingga awal 2022, pangsa pasar industri asuransi syariah masih relatif kecil, yakni baru menggapai 5, 3%. Sementara itu, sebagai negeri dengan mayoritas masyarakat yang berkeyakinan Islam, pastinya ruang pertumbuhan pabrik asuransi syariah bisa lebih besar. Pasalnya, kemampuan pangsa pasar serta juga khasiat asuransi syariah di Indonesia sangat besar. Salah satu faktor rendahnya perkembangan ini karena masih banyak orang yang belum menguasai betul apa itu asuransi syariah dan apa saja keuntungannya.

Asuransi syariah mempunyai pengelolaan yang menggunakan prinsip sharing of risk. Resiko dari satu orang ataupun pihak dibebankan pada semua orang yang jadi peserta asuransi( pelanggan). Berbeda dengan asuransi konvensional yang rancangan pengelolaannya menggunakan sprinsip transfer of risk. Resiko dari partisipan asuransi diberatkan pada industri asuransi.

Untuk Kamu yang akan mengambil asuransi syariah sebaiknya mengenali beberapa keunggulan dari produk finansial syariah ini. Hal ini bisa jadi bahan pertimbangan calon pelanggan ketika menyudahi memilih produk asuransi syariah dibandingkan konvensional.

Rekomendasi:   Penjelasan Hukum Asuransi Syariah Dalam Islam

Paling tidak terdapat 6 kelebihan asuransi syariah dibandingkan konvensional

1. Pengelolaan anggaran memakai prinsip Islami

Perbedaan penting asuransi syariah dibanding dengan asuransi konvensional adalah dari bidang pengurusan anggaran. Sesuai dengan namanya, asuransi tipe ini mengatur anggaran bersumber pada prinsip islami. Salah satu contohnya, anggaran kontribusi yang terkumpul dari pelanggan tidak ditempatkan pada instrumen investasi yang memiliki aktivitas upaya perdagangan ataupun jasa yang dilarang menurut prinsip syariah. Dalam konteks Indonesia, seperti perjudian dan aktivitas produksi ataupun distribusi barang- jasa yang tidak dianjurkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia( DSN MUI).

2. Transparansi pengelolaan dana

Pengurusan anggaran dicoba secara tembus pandang, mulai dari penggunaan kontribusi serta surplus underwriting ataupun pembagian hasil investasi. Transparansi ini bermaksud memaksimalkan keuntungan untuk partisipan asuransi secara beramai- ramai maupun individu.

3. Pembagian keuntungan

Prinsip asuransi syariah lain adalah adanya pembagian hasil investasi. Artinya, antara peserta asuransi( nasabah) berpeluang besar memperoleh keuntungan, baik dengan cara kolektif ataupun individu dan perusahaan. Pembagian hasil pemodalan ini sendiri disesuaikan dengan akad yang sebelumnya sudah disetujui.

4. Kepemilikan dana

Pada asuransi syariah seluruh partisipasi yang masuk sebagian jadi milik perusahaan asuransi syariah selaku pengelola anggaran dan beberapa lagi jadi punya peserta asuransi secara kolektif ataupun individu.

5. Alokasi dan penyaluran surplus underwriting

Keunggulan terakhir pada asuransi syariah adalah surplus underwriting. Secara simpel, istilah ini merujuk pada beda lebih dari total partisipasi peserta asuransi ke dalam dana tabarru’ setelah ditambah recovery klaim dari asuransi dikurangi pembayaran santunan atau klaim, kontribusi reasuransi, dan penyisihan teknis.

 

Tips Memilih Asuransi Syariah

Sama halnya dengan asuransi konvensional, asuransi syariah juga terdiri dari beraneka ragam jenis produk. Mulai dari asuransi jiwa syariah, asuransi kesehatan syariah, sampai asuransi masa depan syariah. Begini tahap yang bisa Kamu lakukan sebelum menyudahi untuk memilah asuransi syariah sebagai perlindungan andalan.

Rekomendasi:   9 Prinsip Asuransi Syariah Faktor Halalnya Asuransi Syariah

– Kredibilitas perusahaan

Yakinkan perusahaan asuransi yang Kamu pilih telah terdaftar di OJK dan profesional di dunia finansial Indonesia, seperti AXA Mandiri. AXA Mandiri mempunyai bermacam produk asuransi syariah yang bisa Kamu pilih sesuai keinginan.

Salah satunya adalah Asuransi Mandiri Perlindungan Aman Syariah- Solusi Perlindungan Kesehatan Syariah yang membagikan manfaat biaya rawat inap di rumah sakit seluruh negara ASEAN, manfaat rawat jalan, sampai manfaat meninggal dunia. Tidak cuma itu, produk itu juga membagikan peluang buat berwakaf dari manfaat santunan asuransi, sebagai ikhtiar mendapatkan pahala yang tidak pernah terputus.

– Pilih sesuai kebutuhan

Pilih asuransi syariah yang sesuai keinginan. Bukan hanya tergiur promo serta hadiah yang ditawarkan. Hal ini penting mengenang asuransi ialah perlindungan untuk kurangi risiko- risiko dalam hidup. Dengan langkah ini, Kalian akan aman dengan manfaat asuransi yang tepat

– Konsultasi ke financial advisor

Tidak perlu ragu untuk bertanya ke agen ataupun financial advisor asuransi. Bila Kamu mempunyai persoalan, langsung tanyakan pada mereka. Apakah itu terkait manfaat asuransi syariah yang akan Kamu pilih, gimana cara klaim, syarat dan determinasi asuransi, dan saran asuransi sesuai keinginan dan keahlian finansial Kamu.

 

Mungkin sekian dari kami mengenai Keunggulan Asuransi Syariah Dibanding Konvensional Yang Perlu Di Ketahui, semoga bisa menambah wawasan kalian dan mudah buat kalian dalam memilih asuransi sesuai keinginan kalian. Semoga Bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Intip Keunggulan Asuransi Syariah Dibanding Konvensional yang dipublish pada 18 January 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment