Kacamata Anti Radiasi, Manfaat dan Cara Memilihnya

SinauNews – Kacamata anti radiasi adalah jenis kacamata yang digunakan untuk melindungi mata dari paparan radiasi yang berbahaya, seperti sinar ultraviolet (UV), sinar inframerah (IR), dan sinar laser. Fungsi kacamata anti radiasi adalah untuk mencegah kerusakan pada mata yang dapat disebabkan oleh paparan radiasi tersebut. Dalam memilih kacamata anti radiasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kualitas lensa, bentuk frame, ukuran dan komfort.

Pengertian Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi adalah alat perlindungan mata yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari berbagai jenis radiasi seperti sinar matahari, sinar layar komputer atau gadget.

Radiasi sendiri merupakan energi yang terdiri dari gelombang atau partikel yang memiliki energi tinggi dan dapat dihasilkan baik secara alami maupun dari aktivitas manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, tubuh manusia pasti akan terpapar oleh dua jenis radiasi utama, yaitu radiasi ultraviolet dan radiasi sinar biru.

Radiasi ultraviolet adalah radiasi yang alami yang datang dari sinar matahari, sedangkan radiasi sinar biru adalah radiasi yang dihasilkan dari layar elektronik seperti komputer atau gadget.

Radiasi sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan masalah pada mata dalam jangka pendek, seperti fotokeratitis atau peradangan kornea akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Semakin lama seseorang terpapar radiasi UV, semakin tinggi pula risiko terkena penyakit mata seperti katarak atau degenerasi makula. Sementara itu, paparan sinar biru dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan masalah penglihatan seperti katarak hingga kanker mata.

Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko paparan sinar matahari atau sinar biru adalah dengan menggunakan kacamata anti radiasi. Menggunakan kacamata anti radiasi dipercaya dapat mengurangi risiko peradangan kornea, katarak, dan degenerasi makula.

Apa Manfaat Kacamata Anti Radiasi?

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan kacamata antiradiasi. Tapi, disaat yang sama ada efek sampingnya juga. Manfaat atau kegunaan kacamata anti radiasi yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

1. Menghalau Radiasi

Kacamata anti radiasi dibuat dengan lensa khusus yang dirancang untuk melindungi mata dari efek buruk radiasi. Lensa kacamata ini dapat menghalau radiasi dan digunakan untuk melindungi mata dari paparan radiasi yang terlalu lama. Dengan menggunakan kacamata anti radiasi, Anda dapat mengurangi risiko kerusakan pada mata atau gangguan penglihatan yang disebabkan oleh paparan radiasi yang berlebihan.

2. Mencegah Mata Kering

Selain melindungi mata dari radiasi, kacamata anti radiasi juga dapat mencegah mata kering. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sering menatap layar gadget dalam waktu yang lama.

Karena saat menatap layar gadget, mata jarang berkedip, sehingga pelumas dari air mata tidak bekerja secara maksimal dan membuat mata menjadi kering. Dampak lain dari air mata yang tidak bekerja secara maksimal adalah benda asing dapat dengan mudah masuk ke mata.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan kacamata dengan lensa eyezen. Lensa ini dapat membantu menyaring blue light sehingga mata akan berkedip dengan normal dan mencegah mata kering.

3. Mencegah Mata Lelah

Selain itu, kacamata anti radiasi juga dapat membantu mencegah mata lelah dengan mengurangi beban pada mata. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih kacamata yang memiliki lensa yang sesuai dengan kebutuhan visual kamu, seperti lensa progressive atau lensa yang sesuai dengan jenis kerja kamu.

Namun, pastikan untuk memilih kacamata anti radiasi yang sesuai dengan standar kualitas dan dari merk yang terpercaya agar kamu benar-benar terlindungi dari efek buruk dari radiasi.

4. Menyegarkan Penglihatan

Manfaat lain dari kacamata anti radiasi adalah menyegarkan penglihatan. Sebab, kacamata ini berperan sebagai penetrasi dan penyerapan cahaya yang disesuaikan dengan lampu berbeda. Dengan begitu, menggunakan kacamata ini akan membuat mata kamu kembali segar dan penglihatan alami pun terjaga dengan baik.

5. Memblokir Radiasi Elektromagnetik

Kacamata anti radiasi dibuat dengan lensa yang berbeda dari lensa kacamata biasa. Lensa kacamata anti radiasi dapat memblokir radiasi elektromagnetik karena menggunakan teknologi pelapisan vakum ion yang canggih. Sehingga, kamu dapat merasa tenang tanpa khawatir dengan masalah mata yang disebabkan oleh radiasi elektromagnetik.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kacamata anti radiasi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena dapat memblokir paparan sinar biru yang berlebihan. Paparan sinar biru yang berlebihan dapat mengganggu produksi hormon melatonin di dalam tubuh, yang akan menyebabkan rusaknya siklus bangun dan tidur.

Dengan menggunakan kacamata khusus anti radiasi yang mencegah sinar biru masuk ke mata, produksi hormon melatonin tetap berjalan lancar dan kualitas tidur pun terjaga dengan baik.

Apa Efek Samping Kacamata Anti Radiasi?

Selain punya banyak manfaat, kacamata anti radiasi juga dapat memberikan efek samping, lho. Berikut beberapa efek samping dari kacamat nati radiasi.

1. Apa yang dilihat jadi tampak sedikit kuning

Salah satu efek dari menggunakan kacamata ini adalah apa yang kamu lihat akan terlihat sedikit kekuningan.

Hal ini disebabkan karena kacamata tersebut memblokir cahaya dalam rentang tertentu. Sehingga akan mengubah sedikit warna yang kamu lihat. Namun ini bisa menjadi masalah jika kamu bekerja dengan berbagai jenis warna, karena dapat menyulitkan dalam membaca layar.

2. Mengubah persepsi pengguna terhadap warna

Menggunakan kacamata ini HP tidak hanya akan mengubah warna yang kamu lihat, tapi juga dapat mengubah persepsi kamu terhadap warna. Hal ini dapat terjadi jika kamu menggunakannya dalam waktu yang lama setiap hari.

Karena setiap hari kamu akan mengalami perubahan warna karena kacamata memblokir cahaya biru. Jika dibiarkan terus, maka persepsi kamu tentang warna dapat berubah secara permanen.

3. Pusing

Efek samping lain yang dapat kamu alami ketika menggunakan kacamata dengan lensa khusus anti radiasi adalah pusing. Pusing dapat terjadi jika kacamata yang digunakan tidak sesuai dengan tajam penglihatan mata kamu.

Hal ini dapat menyebabkan kamu merasa mudah pusing. Bukan hanya itu, kamu juga dapat mengalami mata lelah, mata pegal, sulit fokus, berair, atau keluhan mata lainnya. Hal ini terutama dapat terjadi jika kamu sebelumnya memiliki gangguan refraksi seperti hipermetropi, miopi, atau astigmatisma.

Cara Memilih Kacamata yang Sesuai Bentuk Wajah

Memilih kacamata sesuai bentuk wajah tentu sangat penting dilakukan sebelum membelinya. Tentu saja, hal ini dilakukan supaya wajah terlihat proporsional. Dengan begitu, penampilan akan semakin keren, bahkan bisa menutupi kekurangan wajah.

1. Wajah Berbentuk Kotak

Wajah dengan bentuk kotak atau persegi memiliki sisi yang lurus dan hampir tidak ada lengkungan pada rahang. Pemilik bentuk wajah ini sangat cocok dengan bingkai kacamata yang berbentuk bundar atau oval. Hal ini untuk menyamarkan garis wajah atau memberikan garis lengkung pada wajah, sehingga membuat wajah terlihat lebih panjang.

Selain itu, pemilik bentuk wajah kotak juga harus memperhatikan penggunaan bingkai kacamata yang tipis, agar wajah tidak terlihat terlalu padat. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat lebih proporsional dan membuat penampilan Anda semakin stylish.

2. Wajah Berbentuk Segitiga

Cara selanjutnya untuk memilih kacamata sesuai dengan bentuk wajah adalah dengan memperhatikan bentuk wajah segitiga. Salah satu jenis kacamata yang cocok untuk wajah segitiga adalah yang memiliki bingkai tebal di bagian atasnya. Bingkai ini akan membuat dahi terlihat ideal dan tidak sempit. Model cat-eye adalah pilihan yang cocok untuk bentuk wajah segitiga.

3. Wajah Berbentuk Hati

Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah dengan ciri-ciri seperti dahi lebar, tulang pipi dan rahang sempit, sebaiknya menggunakan bingkai kacamata yang tebal. Hal ini dilakukan untuk menutupi tulang pipi dan rahang sehingga terlihat proporsional dan ideal. Model kacamata yang cocok untuk tipe wajah berbentuk hati antara lain cat eye, cat eye persegi, bagian atas datar, dan bingkai persegi panjang. Dengan cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah, akan membuat penampilanmu jadi lebih trendi.

4. Wajah Berbentuk Oval

Beruntung bagi seseorang yang memiliki bentuk wajah oval. Pasalnya, hampir semua jenis kacamata cocok untuk dipakai oleh orang dengan bentuk wajah ini. Namun, hal yang harus dihindari adalah bingkai esktrem yang memiliki lebar melebihi bagian terluas wajah.

5. Wajah Berbentuk Bulat

Pemilik wajah bulat memiliki tulang pipi penuh dan dahi dan rahang yang sempit. Sehingga, sangat cocok untuk mengenakan kacamata dengan bentuk ekstrem. Namun, harus dihindari adalah kacamata berbentuk bulat, karena dapat menutupi bentuk wajah yang menarik. Salah satu jenis kacamata yang cocok untuk digunakan oleh orang dengan wajah bulat adalah persegi panjang dan cat eye. Selain itu, model retro atau wayfarer klasik juga cocok digunakan.

6. Wajah Berbentuk Diamond

Salah satu ciri utama seseorang yang memiliki bentuk wajah diamond adalah dagu lancip dan tulang pipi tinggi. Pemiliki wajah ini sangat beruntung, karena hampir semua jenis kacamata cocok digunakannya. Oleh karena itu, pilih bentuk atau gaya kacamata yang paling nyaman dan sesuai keinginan.

 

Demikian ulasan mengenai Kacamata Anti Radiasi, Manfaat dan Cara Memilihnya, semoga bisa menambah wawasan buat kalian bermanfaat.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kacamata Anti Radiasi, Manfaat dan Cara Memilihnya yang dipublish pada 23 January 2024 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment