Pengertian dan Kelebihan iOS 15 Sistem Operasi Terbaru Apple

SinauNews – Kelebihan iOS 15, Perusahaan Apple akhirnya mengumumkan bahwa sistem operasi iOS 15 akan dirilis pada tanggal 7 Juni 2021. Apple mengumumkan sistem perangkat terbarunya ini dalam ajang Worldwide Developer Conference 2021. Sistem operasi baru ini akan menghadirkan beberapa fitur terbaru yang membawa sejumlah peningkatan teknologi iPhone. Dengan hadirnya iOS 15 ini juga memberikan peningkatan pada aplikasi FaceTime dan iMessage yang sudah terdesain dengan apik. Selain itu, pada iOS 15 ini beberapa notifikasi juga hadir dengan jenis yang baru. Pada kesempatan kali ini, pihak Apple memberikan pembaruan yang luar biasa.

Mengenal Tentang iOS 15

iOS 15 adalah sistem operasi terbaru yang dirilis oleh Apple untuk memperbarui sistem operasi perangkat mobile yang sudah ada sebelumnya. Kehadiran sistem operasi perangkat ini tentunya akan memberikan banyak keunggulan. Mulai dari segi karakteristik yang dapat digunakan oleh beberapa perangkat iPhone dan iPad sekaligus.

Sistem operasi perangkat dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas. Sistem operasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam menjelajahi dunia dan menggunakan teknologi canggih. Tujuannya adalah untuk membantu manusia dalam menyelesaikan kegiatan sehari-hari. Sistem operasi perangkat ini tentunya menjadi sistem operasi yang banyak ditunggu-tunggu oleh pengguna iPhone dan iPad.

Kelebihan iOS 15 Dilihat dari Fiturnya

Ada banyak inovasi yang tersedia pada sistem operasi terbaru yang menarik untuk dikupas. Di bawah ini adalah beberapa inovasi menarik dari OS tersebut, antara lain:

1. Teknologi FaceTime

Keunggulan karakteristik dari sistem operasi perangkat yang pertama adalah FaceTime. Fitur ini dapat digunakan untuk melakukan panggilan video sambil menonton film, mendengarkan musik, menonton acara TV, dan berbagi layar. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan volume yang dapat disesuaikan secara otomatis. Selain itu, fitur ini juga mendukung kegiatan menambahkan daftar lagu bersama yang dapat diselaraskan dan memiliki kontrol yang mudah digunakan.

FaceTime dapat digunakan dengan mengundang orang lain dengan mengirimkan tautan ke teman atau keluarga untuk terhubung melalui FaceTime. Panggilan melalui FaceTime dilakukan dengan enkripsi yang menyeluruh, sehingga tetap aman dalam menjaga privasi pengguna.

2. Dilengkapi dengan peta berbentuk 3D yang canggih

Peta yang terdapat pada perangkat ini akan membantu pengguna untuk memberikan arah saat mengemudi dengan rincian. Sehingga jalur akan diarahkan, serta dapat membantu pengguna untuk melihat insiden terkini dan kondisi lalu lintas saat ini secara singkat.

Peta yang akan muncul membentuk tampilan 3D yang sangat canggih, sehingga gambarnya akan lebih jelas dan terlihat nyata. Peta ini dapat dilakukan penelusuran wilayah yang diinginkan dengan menambahkan tab yang diselaraskan pada berbagai perangkat, memudahkan akses dari mana saja dan kapan saja. Keberadaan fitur peta pada perangkat ini akan mempermudah pengguna dalam menemukan lokasi tujuan yang diinginkan.

3. Dilengkapi dengan kecerdasan buatan dompet

Dompet adalah salah satu keunggulan dari sistem operasi ini, dimana fitur perangkat ini sudah menggunakan kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan ini digunakan untuk memudahkan pengguna dalam membuka kunci rumah, garasi, kamar hotel, hingga ruang kerja pengguna.

Tentu saja, fitur dompet pada perangkat ini akan sangat mendukung kinerja pengguna dalam bekerja maupun untuk aktivitas lain. Kecerdasan buatan yang terdapat pada sistem operasi perangkat ini dapat menampilkan teks langsung dengan cerdas dan menyajikan berbagai informasi yang bermanfaat bagi pengguna dalam bentuk gambar.

Pengguna dapat melakukan panggilan, mengirim email, dan menampilkan lokasi di peta dengan hanya sekali ketuk pada teks yang ditandai dalam foto. Teks yang muncul di layar juga dapat diterjemahkan secara otomatis oleh sistem kecerdasan buatan yang ada di iPhone dan iPad.

4. Dilengkapi dengan penerjemah bahasa otomatis

Bahasa-bahasa yang dapat secara otomatis di terjemahkan antara lain yaitu Spanyol, Portugis, Jerman, Italia, Prancis, Tionghoa dan juga Inggris.

5. Dapat melihat banyak informasi sepintas pada spotlight

Karakteristik lain dari perangkat ini adalah pengguna dapat melihat banyak informasi secara cepat dengan menggunakan fitur pencarian baru pada Spotlight. Spotlight membantu pengguna untuk mencari informasi tentang musik, acara TV, dan film berdasarkan teks yang ditemukan dalam foto. Ada banyak karakteristik lain yang tersedia dalam sistem operasi perangkat ini.

6. Scheduled Notification

Sistem perangkat ini menawarkan fitur fokus yang dapat digunakan untuk mengatur pemberitahuan yang muncul saat melakukan aktivitas yang berbeda. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkonsentrasi atau menenangkan diri sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sistem operasi perangkat ini akan menampilkan status yang akan ditampilkan dalam pesan. Fitur fokus pada sistem operasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat foto kontak dalam pemberitahuan teks dan aplikasi, sehingga akan lebih mudah dikenali.

Spesifikasi Perangkat Minimum yang Mendukung iOS 15

Ada spesifikasi minimum yang perlu diperhatikan jika ingin menggunakan sistem operasi ini. Jika ingin mencoba sistem operasi tersebut, sebaiknya periksa dulu perangkat Sobat Pintar, apakah termasuk dalam perangkat minimum yang kompatibel. Pastikan juga apakah perangkat mobile yang Sobat gunakan termasuk dalam daftar perangkat yang didukung oleh OS tersebut.

Di bawah ini adalah daftar perangkat mobile yang mendukung sistem operasi perangkat OS tersebut, antara lain:

  1. iPhone 12
  2. iPhone12 mini
  3. iPhone 12 Pro
  4. iPhone Pro Max
  5. iPhone 11
  6. iPhone 11 Pro
  7. iPhone 11 Pro Max
  8. iPhone XS
  9. iPhone XS Max
  10. iPhone XR
  11. iPhone X
  12. iPhone 8 Plus
  13. iPhone 7
  14. iPhone 7 Plus
  15. iPhone 6s
  16. iPhone 6s Plus
  17. iPhone SE 1st generation
  18. iPhone SE 2nd generation
  19. iPod touch 7th generation
  20. iPad Air 4th dan 3th generation
  21. iPad mini 4
  22. iPad Pro dari generasi 1-5.

Demikian ulasan mengenai Pengertian dan Kelebihan iOS 15 Sistem Operasi Terbaru Apple, nah semoga bisa menambah wawasan buat kalian yang akan membeli HP jenis Iphone ya. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pengertian dan Kelebihan iOS 15 Sistem Operasi Terbaru Apple yang dipublish pada 17 August 2023 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment