Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1 (Kurikulum Merdeka)

Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1 – Yuk simak, pada pertemuan kali ini kami akan memberikan uraian dan bahasan mengenai Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1 Kurikulum Merdeka versi terbaru dari aplikasi E-rapor jenjang SMA. Kemendikbudrsitek secara resmi juga sudah meluncurkan aplikasi E-rapor kurikulum merdeka untuk jenjang Pendidikan SMA, aplikasi E-rapor di luncurkan secara daring tepatnya pada hari Rabu 30-11-2022.

Aplikasi E-rapor untuk guru dan satuan pendidikan ini akan membantu melaporkan hasil pembelajaran siswa dan langsung bisa di komunikasikan dengan orang tua wali murid, selain itu Erapor juga akan membantu meringankan beban administrasi guru. Aplikasi E-rapor ini juga sudah terkoneksi dengan dapodik, sehingga guru sudah tidak perlu lagi menginput data siswa di E-rapor, sehingga prinsip memudahkan guru inilah yang di kembangkan secara sederhana agar mudah di manfaatkan.

Untuk memudahkan guru dan satuan pendidikan dalam menggunakan eRapor, Kemendikbud telah menyiapkan sebagai acuan dalam menggunakan e-Rapor Kurikulum Merdeka.

Panduan Instalasi e-Rapor SMA Versi 22.1 Kurikulum Merdeka

  1. Untuk melakukan instalasi e-Rapor KM, langkahnya adalah sebagai berikut :
  2. Unduh Aplikasi E-Rapor Kurikulum Merdeka
  3. Setelah berhasil unduh, buka aplikasi dengan cara klik kanan mouse kemudian pilih Run as Administrator.
  4. Ikuti setiap tahapan hingga selesai.

Registrasi E-Raport KM SMA Versi 22.1

  1. Sebelum kalian menggunakan aplikasi E-rapor KM ini maka kalian akan diminta untuk melakukan registrasi pengguna E-rapor secara online. Pastikan kalian sudah terkoneksi internet agar bisa terhubung dengan server SMA, nah jika sudah terhubung maka akan tampil form registrasi dan lengkapi datanya dengan benar.
  2. Catatan penting, untuk login dan password yang di entri di form tersebut selanjutnya akan di gunakan untuk user login admin E-rapor pada aplikasi ini. Koneksi internet internet hanya di perlukan pada saat registrasi saja, selanjutnya kalian bisa mengerjakan E-rapor tanpa harus terkoneksi inrternet. Jika kaliam tidak memiliki koneksi internet, sehingga tidak bisa melakukan registrasi maka kalian tetap bisa menggunakan aplikasi ini dengan cara login menggunakan akun admin standar yang telah di sediakan oleh E-rapor.
  3. Silahkan Klik “Login dengan akun admin default” Untuk menampilkan halaman login, Catatan penting…jika kalian menggunakan akun ini, maka kalian tidak akan tercatat sebagai pengguna resmi di direktorat SMA, kemendikbudristek. Maka silahkan kalian melakukan regitrasi ketika kalian sudah terkoneksi internet agar tercatat sebagai pengguna aplikasi E-rapor resmi kemendikbudristek.

Tampilan Awal E-Rapor KM SMA Versi 22.1

E-Rapor KM SMP berjalan dengan port 2023, dapat diakses menggunakan browser dengan URL localhost:2023 atau nomor ip server erapor:2023. Pada Tampilan Awal memuat tentang :

  1. Halaman Login.
  2. Tombol untuk membuka Panduan Penggunaan Aplikasi.
  3. Tombol untuk Reset Password.
  4. Untuk pertamakali login sebagai administrator, gunakan User Login yang telah didaftarkan pada saat Registrasi.
  5. Jika belum melakukan registrasi, silahkan login menggunakan akun admin default berikut : User Name : administrator, Password : administrator.
  6. Untuk login sebagai guru , user dan password digenerate oleh administrator pada menu user secara default user name adalah nama (huruf kecil semua) atau NIP, password adalah : eraporkm123456.
  7. Untuk login sebagai siswa, user dan password digenerate oleh administrator pada menu user, secara default username adalah nisn,password adalah eraporkm123456
  8. Jika lupa password silahkan reset password dengan klik tombol reset password, kemudian pada halaman lupa password isikan data dengan benar,persis sama dengan data username,email dan nama lengkap yang sudah terdaftar dalam aplikasi E-rapor
  9. Jika data yang diinput benar dan sesuai dengan user yang terdaftar di database E-rapor maka akan dibuatkan dan di tampilkan password baru di layar kalian, silahkan catat dan disimpan dengan baik untuk bisa login ke dalam aplikasi E-rapor kalian.

 

Berikut link download Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1 dan beberapa uraian yang lainnya simak di bawah ini:

 

  1. Penjelasan Singkat Aplikasi e-Rapor SMA Versi 22.1 Kurikulum Merdeka : KLIK DISINI
  2. Manual Guru, Pembina Ekskul, Kordinator P5 dan Wali Kelas : KLIK DISINI
  3. Petunjuk Instalasi e-Rapor SMA Kurikulum Merdeka Versi 22.1 : KLIK DISINI
  4. Manual Administrator e-Rapor SMA Kurikulum Merdeka Versi 22.1 : KLIK DISINI
  5. Manual Siswa e-Rapor SMA Kurikulum Merdeka Versi Versi 22.1 : KLIK DISINI

 

Demikian Pembahasan dan uraian mengenai Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1, Semoga bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1 (Kurikulum Merdeka) yang dipublish pada 9 December 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment