Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila PAUD (Download)

Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila PAUD-Yuk simak, pada pertemuan kali ini mimin akan membahas Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila PAUD (Download) 2022/2023. Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila PAUD (Download) bisa di jadikan sebagai rujukan untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD), didalam melaksanakan tugasnya. Buku panduan projek pelajar pancasila ini menyajikan pembelajaran dengan pendekatan yang dinamis dialogis. Sejak membuat perencanaan, anak sudah di libatkan buat menentukan projek dan guru berperan memantik ide serta mendampingi selama proses pembelajaran. Guru juga tidak akan memaksakan kehendaknya , anak di tempatkan sebagai pribadi yang berdaya dan mempunyai kemauan yang kuat. Menurut Jalongo (2007 : 84), motivasi seseorang akan terbentuk karena ketertarikannya. Oleh karena itu menjadi tantangan bagi guru untuk dapat menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang menarik bagi/untuk anak.

Pembelajaran yang dirancang hendaknya kontekstual, dekat dengan kehidupan nyata di sekitarnya sehingga menumbuhkan ketertarikan anak. Dengan demikian Pembelajaran berbasis proyek membutuhkan ketelitian, kesabaran dan konsentrasi dengan tetap memperhatikan kegembiraan bermain. Pembelajaran tersebut dimaksudkan agar anak terampil, tidak mudah putus asa, dapat bekerja sama, dan dapat memecahkan permasalahan dengan cara yang kreatif. Kegiatan-kegiatan dalam pembelajaran berbasis proyek ini memanfaatkan alam semesta dan berbagai sumber belajar, supaya anak dapat menghargai ciptaan Tuhan. Anak terkoneksi dengan dirinya sendiri, orang tua, teman dan alam semesta, sehingga tercipta kehidupan yang harmonis.

 

Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila PAUD

 

Kegiatan proyek yang dicontohkan memang masih dalam tahapan menyambut perayaan hari besar nasional, keagamaan, maupun tradisi budaya setempat. Akan tetapi, pendekatan proyek ini sebenarnya juga dapat dikemas rancangan pembelajaran.

 

Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila Pendidikan Anak Usia Dini PAUD

 

Bab 1

Memberikan gambaran tentang profil pelajar Pancasila dan apa hubungannya dengan capaian pembelajaran. Untuk mewujudkan dimensi profil pelajar yang mandiri, berkebinekaan global,
bergotong royong, guru dapat mengembangkan melalui desain pembelajaran di mana anak dapat mengenal identitas dirinya, budayanya, dan mengenal apa itu Pancasila. Kemendikbud menetapkan tema-tema projek yang perlu diterapkan pada satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Tema-tema tersebut adalah:

 

(1) Aku Sayang Bumi;

(2) Aku Cinta Indonesia;

(3) Bermain dan Bekerja Sama; dan

(4) Imajinasiku.

 

Bab 2

Lebih banyak memberikan gambaran bagaimana profil pelajar Pancasila dan apa itu pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Dalam pendidikan, pendekatan proyek dimaknai sebagai investigasi mendalam tentang suatu topik yang menarik untuk dipelajari. Investigasi ini biasanya dilakukan oleh kelompok kecil anak dalam suatu kelas atau bisa juga keseluruhan kelas, dan terkadang juga dilakukan oleh anak secara individual. Alur pembelajaran proyek ini untuk membantu guru untuk memahami bahwa dalam kegiatan proyek, ada kegiatan yang harus dilakukan sebelum, saat, dan setelah proyek.

Tahapan-tahapan proyek ini membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kreativitas. Guru perlu mengantisipasi apabila proses pembelajaran saat proyek tidak berjalan sesuai
dengan yang direncanakan karena hal tersebut dapat menjadi proses pembelajaran yang bermakna. Melalui pembelajaran proyek ini, anak difasilitasi untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri.

 

Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila PAUD

 

Bab 3

Memberikan contoh tentang kegiatan-kegiatan proyek sesuai tema besar yang telah ditentukan. dan dilaksanakan dalam rangka perayaan tradisi budaya lokal dan momen-momen tertentu. Misalnya, perayaan Hari Bumi, Hari Ibu, Hari Ayah, Hari Kemerdekaan RI, Hari Kebangkitan Nasional, ulang tahun sekolah, dan perayaan tradisi budaya lokal, seperti Sekaten, Saparan, Galungan, Kuningan, dsb.

 

Bab 4 Penutup

Buku Panduan Guru Proyek Profil Pelajar Pancasila ini disusun berdasarkan kurikulum yang memerdekakan, baik bagi anak maupun guru. Kurikulum merdeka memberi ruang seluas-luasnya kepada tiap sekolah untuk menerjemahkan sesuai dengan kondisi masing-masing daerahnya serta memberi ruang kepada anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya.

 

Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila Pendidikan Anak Usia Dini PAUD  : KLIK DISINI

 

Demikian yang bisa mimin uraikan buat kalian mengenai Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila PAUD (Download). Semoga Bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila PAUD (Download) yang dipublish pada 20 November 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment