Modul Program Pendidikan Guru Penggerak Terbaru

Pendidikan Guru Penggerak-Guru Penggerak merupakan guru-guru terbaik bangsa yang merasa terpanggil untuk mendorong perubahan pendidikan negeri ini ke arah yang lebih baik. Kehadiran Guru Penggerak diharapkan menjadi pemimpin – pemimpin pendidikan di masa depan yang mampu menelurkan embrio generasi unggul Indonesia.

Tujuan dari program guru penggerak sendiri adalah untuk menyiapkan para pemimpin pendidikan di indonesia masa depan, yang mampu mendorong tumbuh kembang siswa secara holistik,aktif fan proaktif dalam mengembangkan guru di sekitarnya untuk bisa mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menjdai teladan serta agen transformasi eksosistem pendidikan demia mewujudkan profil pelajar pancasila.

Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut, program pendidikan guru penggerak atau PPGP di jalankan dengan menekankan pada kompetensi kepemimpinan pembelajaran yang mencakup komunitas praktik, pembelajaran sosial dan emosional, pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan perkembangan siswa dan kompetensi lain dalam pengembangan diri dan sekolah.

Kompetensi tersebut di tuangkan kedalam tiga oaket modul yaitu: Paradigma dan visi guru penggerak, praktik pembelajaran yang berpihak pada siswa dan pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah.

Program pendidikan guru penggerak ini di jalankan selama 9 bulan yang terdiri dari kelas pelatihan daring,lokakarya dan pendampingan. Proses pendidikan guru penggerak mengedepankan coaching dan on the job training, yang memiliki arti selama belajar, guru tetap menjalankan perannya di sekolah sekaligus menerapkan pengetahuan yang didapat dari ruang pelatihan ke dalam pembelajaran dikelas.

Dengan demikian kepala sekolah dan pengawas menjadi mitra seorang calon guru penggerak dalam mempersiapkan diri menjadi pemimpin. Didalam proses pelaksanaan PPGP, calon guru penggerak akan sering diajak buat merefleksikan praktik pembelajaran yang sudah di jalankan dan bersikusi serta berkolaborasi dengan sesama calon guru penggerak lainnya.

Keseluruhan pengalaman belajar itu diracik dalam siklus MERRDEKA yang di awali dengan mulai dari diri lalu dilanjutkan dengan eksplorasi konsep,ruang kolaborasi,refleksi terbimbing,demontrasi kontekstual,elaborasi pemahaman,koneksi antar materi dan ditutup dengan aksi nyata.

Modul program pendidikan guru penggerak bisa kalian download dan pelajari selengkapnya di bawah ini :

1. Paket modul 1 paradigma dan visi guru penggerak

  • Modul 1.1 Refleksi filosofis pendidikan nasional : DOWNLOAD
  • Modul 1.2 Nilai-nilai dan peran guru penggerak : DOWNLOAD
  • Modul 1.3 Visi guru penggerak : DOWNLOAD
  • Modul 1.4 Budaya positif : DOWNLOAD

2. Paket modul 2 Praktik pembelajaran yang berpihak pada siswa

  • Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi : DOWNLOAD
  • Modul 2.2 Pembelajaran sosial dan emosional : DOWNLOAD
  • Modul 2.3 Coaching : DOWNLOAD

3. Paket modul 3 Pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah

  • Modul 3.1 Pengambilan keputusan : DOWNLOAD
  • Modul 3.2 Pemimpin pengelolaan sumber daya : DOWNLOAD
  • Modul 3.3 Pengelolaan program positif : DOWNLOAD

 

Demikian Uraian mengenai Modul Program Pendidikan Guru Penggerak Terbaru, semoga mudah di pahami di mengerti oleh kalian para calon guru penggerak (CGP). Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Modul Program Pendidikan Guru Penggerak Terbaru yang dipublish pada 7 December 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment