Pengertian HOTS Contoh Soal Dan Pembahasannya

Pengertian HOTS-Yuk simak, pada pembahasan kali ini kami akan memberikan Pengertian HOTS Contoh Soal Dan Pembahasannya yang perlu kalian ketahui. Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir yang tidak sekedar mengingat /recall, menyatakan kembali/restate atau merujuk tanpa melakukan pengolahan/recite.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sesuai dengan tujuan dari high order thinking skills adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada level yang lebih tinggi, terutama yang berkaitan dengan kemampuan untuk berpikir secara kritis dalam menerima berbagai jenis informasi, berpikir kreatif dalam memecahkan sebuah masalah.

Sementara Definisi HOTS sebagaimana di jelaskan dalam buku Sukses UN USBN SMA/SMK/MA IPS 2020 oleh tim study center, adalah cara berpikir pada tingkat lebih tinggi daripada menghafal/menceritakan ulang sesuatu yang telah di ceritakan orang lain. Ketrampilan tersebut mulanya di tetapkan berdasarkan taksonomu Bloom yang menggolongkan berbagai tingkat pemikiran dari yang terendah ke tertinggi. yaitu : pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi, dan kreasi.

Soal-soal HOTS umumnya disusun menggunakan stimulus, yaitu dasar dalam membuat pertanyaan. Menurut Kristanto dan Setiawan, seperti di kutip dari Penerapan Asesmen HOTS SD menggunakan Aplikasi Quizizz oleh Deden Dicky Dermawan dan lainnya, pada konteks HOTS stimulus yang di sajikan sifatnya kontekstual dan menatik.

 

Ciri-Ciri Soal HOTS

Perlu kalian tahu soal HOTS tidak selalu lebih sulit, tetapi memerlukan penalaran yang lebih untuk mengerjakannya. Di ambil dari laman Direktorat pendidikan masyarakat dan pendidikan khusus kemdikbud, Berikut ciri-ciri soal HOTS:

  1. -Adanya transfer dari satu konsep ke konsep yang lain
  2. -Memproses dan menerapkan informasi
  3. -Terdapat pencarian kaitan dari beragam informasi yang berbeda
  4. -Memakai informasi untuk menyelesaikan masalah
  5. -Menelaah ide dan informasi dengan kritis.

 

Contoh Soal HOTS untuk Siswa IPS SMA

Berikut ini beberapa contoh soal tipe HOTS, sebagaimana dirangkum dari buku Bestie Book Sosiologi SMA/MA Kelas X, XI, dan XII dari The King Eduka:

 

1. Pemerintah menjadi mediator perseteruan antarsuku. Pada penyelesaiannya, pemerintah menerapkan metode yang sesuai dengan ilmu psikologi.

Berdasarkan hal ini, sosiologi memiliki kegunaan sebagai:

A. Pembuat keputusan

B. Bahan pembangunan sosial

C. Bahan perencanaan sosial

D. Penengah masalah sosial

E. Solusi masalah sosial

Pembahasan:

Sosiologi mempelajari interaksi antarindividu ataupun masyarakat dengan budaya yang ada di daerah. Sosiologi pun mengajarkan kerukunan dan ketertiban dalam bermasyarakat sehingga bisa berfungsi sebagai solusi masalah sosial.

Jawaban: E

 

2. Saat Gunung Merapi meletus, banyak warga kehilangan harta benda sehingga menarik perhatian banyak pihak untuk menyalurkan bantuan. Pengumpulan dan penyaluran sumbangan kepada yang berhak berkaitan dengan fungsi nilai sebagai…

A. Alat kontrol masyarakat

B. Alat berpikir masyarakat

C. Solidaritas sesama kelompok

D. Penetapan harga sosial suatu masyarakat

E. Alat pengembangan diri

Pembahasan:

Penyaluran sumbangan ke daerah yang terkena bencana adalah ketika setiap anggota kelompok dapat mengembangkan rasa empati, simpati, dan sikap saling menolong.

Jawaban: C

 

3. Ketika masih kuliah, Ahmad tidak terlalu memperhatikan penampilannya. Dia selalu memakai celana jeans dan t-shirt favoritnya serta rambut yang dibiarkan panjang tergerai. Saat Ahmad menjadi pengacara, dia mengubah penampilan menjadi berambut pendek tersisir rapi, mengenakan kemeja, dan dasi yang lengkap dengan jas. Pembentukan kepribadian Ahmad dipengaruhi oleh faktor…

A. Lingkungan keluarga

B. Sosialisasi persahabatan

C. Lingkungan kerja

D. Sosialisasi media massa

E. Sosialisasi kekerabatan

Pembahasan:

Ahmad mengubah penampilan sejak masuk ke lingkungan kerja. Lingkungan kerja memberi pengaruh yang besar terhadap pembentukan kepribadian seseorang.

Pengaruh lingkungan kerja pada umumnya menetap pada diri seseorang dan sulit diubah, terlebih jika sudah lama bekerja.

Jawaban: C

 

4. Berikut ini beberapa gejala sosial:

1) Ibu mengajari anak cara berbicara dengan orang yang lebih tua.

2) Bapak memberi contoh bagaimana bersikap baik kepada orang lain.

3) Ibu membelai anaknya dengan ikhlas dan kasih sayang.

4) Orang tua membantu saat anak menghadapi masalah.

Dari sederet contoh di atas, yang termasuk fungsi sosialisasi dalam keluarga adalah:

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 3 dan 4

Pembahasan:

Fungsi sosialisasi dalam keluarga adalah untuk membentuk kepribadian anak.

Jawaban: A

 

5. Rizky menggunakan sepeda untuk bepergian ke tempat umum seperti lapangan olahraga, area permainan anak, dan tempat lainnya setiap pekan. Kegiatan yang dilakoni Rizky termasuk bentuk sosialisasi…

A. Formal

B. Primer

C. Peer group

D. Partisipatif

E. Nonformal

Pembahasan:

Bentuk sosialisasi pada contoh di atas adalah peer group (kelompok teman sebaya). Rizky mengadaptasikan diri dengan teman sebayanya.

Dengan kelompok sebaya, anak bisa saja mendapatkan perilaku pembentukan kepribadian yang positif atau negatif.

Jawaban: C

 

Demikian pembahasan dan uraian mengenai Pengertian HOTS Contoh Soal Dan Pembahasannya, semoga mudah di pahami oleh kalian sebagai bahan penambah wawasan sekaligus. Terima Kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pengertian HOTS Contoh Soal Dan Pembahasannya yang dipublish pada 5 December 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment