Pengertian Model Pembelajaran Oleh Beberapa Ahli didalam Pendidikan

Pengertian Model Pembelajaran-Yuk simak, pada pertemuan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai Pengertian Model Pembelajaran didalam Pendidikan Yang perlu Kalian Tahu. Secara pribadi tentu kita semua menginginkan terjadinya perubahan yang lebih baik llagi dari sebelumnya. Tidak hanya perubahan dalam satu bidang melainkan juga di segala bidang, tidak terkecuali di semua bidang pendidikan.

Pendidikan ialah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian serta pelatihan.

 

Pengertian Model Pembelajaran Oleh Beberapa Ahli

 

Menurut KKBI model diartikan sebagai pola (contoh, acuan, ragam, dan sebagainya) dari suatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Pembelajaran sendiri adalah suatu proses interaksi antara guru dan siswa,baik secara langsung dan tidak langsung. Pembelajaran adalah istilah yang memiliki kaitan erat dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya didalam proses pendidikan.

Pembelajaran juga bisa dikatakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memberikan dan menciptakan suasana agar siswa bisa belajar. Sedangkan model bisa diartikan suatu rencana,representasi dan deskripsi yang menjelaskan suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Model pembelajaran bisa diartikan sebagai suatu seperangkat prosedur yang sistematis sebagai perancang bagi para pengajar untuk bisa mencapai tujuan belajar.

Kami juga akan memberikan pengertian model pembelajaran menurut beberapa ahli, simak di bawah ini :

  1. Aunurrahman (2011: 146) mendefinisikan “Model pembelajaran dapat diartikan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan guru untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran”.
  2. Brady (dalam Aunurrahman, 2011: 146) menyatakan, “Model pembelajaran dapat diartikan sebagai blueprint yang dapat dipergunakan untuk membimbing guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran.”
  3. Joyce (dalam Trianto, 2014: 23) “Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencankan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menetukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk didalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain”.
  4. Agus Suprijono (2013: 46) mengatakan “Model Pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial”. Lebih lanjut
  5. Arends (Agus Suprijono, 2013: 46) mengatakan “Model Pembelajaran mengacu pada pendekatan yang digunakan, termasuk didalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas”. Pendapat tersebut dapat diartikan sebagai suatu konsep atau pola dalam perencanaan pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran.
  6. Mulyono (Ahmadi, I. K. 2011: 57), model pembelajaran adalah “the teaching model refers to particular approach to instruction that include it’s goal, syntax, environment, and management system” (Model pembelajaran adalah suatu pendekatan khusus terhadap pembelajaran yang memuat tujuan, tahap pelaksanaan (sintaks), sistem manajemen dan lingkungan belajar).
  7. Supriyono Koes H. (Hamdani, 2011: 60), mengatakan bahwa “Model pembelajaran adalah sebuah rencana atau pola yang mengorganisasikan pembelajaran dalam kelas dan menunjukkan penggunaan materi pembelajaran”. Salah satu ciri khusus model pembelajaran yang tidak dimiliki oleh strategi atau prosedur tertentu yaitu tingkah laku mengajar (sintaks) yang menggambarkan pola kegiatan guru dan siswa dalam berinteraksi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Ciri-ciri Model Pembelajaran

 

  1. Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar dari ahli tertentu. Contoh model penelitian kelompok disusun oleh herbery thelen dan berdasarkan teori teori John Dewey, model ini dirancagn untuk bisa melatih partisipasi dalam kelompok secara demokratis.
  2. Mempunyai misi dan tujuan pendidikan tertentu, misal model berfikir induktif dirancang untuk bisa mengembangkan proses berpikir induktif.
  3. Bisa dijadikan pedoman untuk perbaikan kegiatan belajar mengajar dikelas, misal mmodel synectic dirancang untuk memperbaiki kreativitas dalam pelajaran mengarang.
  4. Memiliki bagian bagian model yang dinamakan : (a) urutan langkah-langkah pembelajaran (syntax); (b) adanya prinsip-prinsip reaksi; (c) system sosial; dan (d) system pendukung
  5. Memiliki dampak sebagai akibat terapan model pembelajaran , dampak itu meliputi : (a) dampak pembelajaran, yaitu hasil belajar yang dapat diukur; (b) dampak pengiring, yaitu hasil belajar jangka panjang.
  6. Membuat persiapan mengajar dengan pedoman model pembelajaran yang dipilihnya.

Dari uraian di atas dapat peneliti simpulkan bahwa ciri-ciri model pembelajaran adalah:

  1. Berdasarkan teori dari beberapa ahli
  2. Mempunyai tujuan
  3. Pedoman perbaikan belajar mengajar dikelas
  4. Memiliki bagian-bagian yaitu : (1) syntax; (2) adanya prinsip-prinsip reaksi; (3) system sosial; dan (4) system pendukung.
  5. Memiliki dampak pembelajaran dan dampak pengiring
  6. Pedoman desain instruksional

Daftar Pustaka

 

  1. Ahmadi, I. K. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  2. Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  3. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  4. Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
  5. Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progressif. Jakarta : Kencana.

 

Itulah pembahasan dan ulasan mengenai Pengertian Model Pembelajaran Oleh Beberapa Ahli didalam Pendidikan, semoga mudah kalian pahami dan bermanfaat.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pengertian Model Pembelajaran Oleh Beberapa Ahli didalam Pendidikan yang dipublish pada 16 December 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment