Premi Asuransi Pengertian Harga Dan Faktor Yang Mempengaruhi

 

Premi Asuransi – Premi Asuransi ialah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh tiap Nasabah yang terdaftar pada perusahaan Asuransi sebagai penjamin. Jumlah uang yang wajib dibayarkan tiap bulannya sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan kondisi pihak Nasabah. Hal ini menandakan Premi antara satu Pelanggan dengan Pelanggan yang lain tidak sama.

Premi ini adalah istilah yang dipakai untuk asuransi konvensional, sementara asuransi Syariah menggunakan istilah‘ Kontribusi’. Bagi Undang– Undang Perasuransian No No 40 Tahun 2018, Kontribusi adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh Perusahaan Asuransi Syariah ataupun Perusahaan reasuransi syariah dan disetujui oleh Pemegang Polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian Asuransi Syariah ataupun perjanjian reasuransi syariah untuk mendapatkan manfaat dari Dana Tabarru’ dan/ atau anggaran investasi Peserta dan untuk melunasi biaya pengelolaan ataupun sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang- undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk mendapatkan manfaat.

Jadi, Premi harus dibayarkan pemegang polis ke Perusahaan asuransi untuk mendapatkan manfaat proteksi asuransi. Premi asuransi sering menjadi faktor estimasi penting saat mengambil asuransi. Jangan sampai iuran Premi yang besar, malah mengganggu cash flow finansial Kamu.

 

Jenis Premi Asuransi

1. Single Premium

Untuk pembayaran single Premium, pelanggan cukup melunasi satu kali saja. Biasanya jenis pembayaran Premi secara tunggal ialah produk asuransi yang lebih mengutamakan kemajuan angka investasi. Jadi, alokasi untuk investasinya akan lebih besar dibanding produk asuransi yang lain. Preminya juga relatif lebih tinggi dibanding Premi yang dibayar secara teratur.

2. Regular Premium

Pembayaran bisa dicoba secara bulanan, per kuartal( 3 bulan), per semester( 6 bulan) ataupun bahkan tahunan. Preminya relatif terjangkau dan bisa disesuaikan dengan keahlian pelanggan. Uang Garansi yang diberikan juga relatif lebih besar dibandingkan dengan produk asuransi dengan metode pembayaran tunggal.

 

Apakah Premi Bisa Naik dan Turun?

Nyatanya Perusahaan asuransi tidak perlu menaikkan Premi jika pada tahun yang sama mengalami keuntungan ataupun profit. Sebaliknya saat mengalami kerugian, kemudian Perusahaan asuransi bisa menaikkan Premi. Karena ada waktunya Perusahaan asuransi wajib membayarkan klaim yang tidak diperkirakan sebelumnya. Pada saat itulah mereka akan melakukan review dan merestrukturisasi faktor- faktor risiko kepada tertanggung ataupun objek tertanggung. Dalam kondisi demikian harga Premi bisa naik.

 

Cara Mendapat Premi Asuransi Murah

1. Semakin Berumur, Premi Semakin Mahal

Saat umur meningkat, daya tahan tubuh cenderung menurut dan lebih berbahaya terserang penyakit. Sebagai konsekuensinya, Kamu wajib membayar Premi lebih mahal dibanding banyak orang yang jauh lebih muda. Jadi, sebelum resiko terkena penyakit lebih besar, ada bagusnya untuk terlebih dulu membeli asuransi agar Premi lebih kecil.

2. Hindari Asuransi Unit Link dan Endowment

Asuransi unit link dan endowment memang menawarkan keuntungan investasi dan pengembalian Premi. Tetapi, paling terbaik adalah tipe asuransi murni yang memberikan perlindungan dengan perlindungan tinggi dan Premi lebih ekonomis. Hanya saja buat asuransi murni tidak ada pengembalian Premi karena dianggap hangus.

3. Pilih Asuransi Kelompok

Asuransi kelompok jauh lebih murah dibanding dengan asuransi individu. Asuransi kelompok ini sesuai jika kalian ingin membeli asuransi untuk lebih dari satu orang. Asuransi kelompok umumnya diperuntukkan untuk karyawan, namun beberapa Perusahaan asuransi juga menyediakan layanan produk asuransi untuk keluarga.

4. Hindari Memilih Rider Asuransi

Beberapa tambahan dalam pembelian asuransi bisa membuat Premi jadi mahal. Ilustrasinya, Kamu memperoleh ijab asuransi jiwa tetapi telah tercantum perlindungan kesehatan dan kecelakaan. Maksudnya, ada 2 tambahan asuransi dalam produk utamanya. Bila dihadapkan dengan hal semacam ini lebih baik membeli 2 polis asuransi dengan manfaat yang berlainan, karena harganya jauh lebih ekonomis dan lebih menguntungkan dari harus menambahkan rider.

5. Gaya Hidup Sehat

Hidup yang sehat bukan hanya penting buat kesehatan, namun memberikan Premi asuransi yang relatif murah. Karena jika memiliki penyakit, asuransi akan membebankan Extra Premi.

Perusahaan asuransi berupaya memastikan kalau cara pembayaran Premi mudah serta convenience untuk pemegang polis, dengan menawarkan. bermacam alternatif pilihan pembayaran Premi asuransi, seperti:

  • – Internet Banking dan Mobile Banking
  • – Kartu Kredit. Potongan pembayaran auto debet dengan membebankan pada kartu kredit kepunyaan Kamu.
  • – Auto Debet Rekening Bank. Dipotong secara teratur secara langsung dari rekening bank.
  • – E- Commerce.
  • – ATM. Pembayaran lewat ATM Bank.
  • – Teller Bank atau Loket. Pembayaran langsung di kantor cabang bank dengan menyetor melalui teller bank.

 

 

Nah Itulah sedikit uraian dari kami mengenai Premi Asuransi Pengertian Harga Dan Faktor Yang Mempengaruhi, semoga bisa memberi sedikit pemahaman buat kalian yaa. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Premi Asuransi Pengertian Harga Dan Faktor Yang Mempengaruhi yang dipublish pada 25 January 2024 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment