Cara Trading Mudah dan Profit untuk Pemula

SinauNews – Banyak yang mengira bahwa trading itu rumit, sulit, dan membutuhkan modal yang besar. Termasuk trading saham untuk pemula juga menakutkan. Justru bermain trading itu mudah dan profit jika anda paham caranya. Inilah cara trading dengan mudah dan praktis untuk pemula.

Trading untuk Pemula

Sebagai pemula sebelum masuk ke cara bermain saham atau trading anda harus paham tentang saham terlebih dahulu. Saham adalah tanda atau bukti penyertaan modal seseorang atau badan dalam suatu perseroan atau perseroan terbatas untuk memperoleh keuntungan berupa capital gain atau deviden.

Capital gain adalah selisih antara harga wajar dan harga jual saham yang akan Anda peroleh jika Anda menjual saham yang Anda miliki dan memperoleh keuntungan. Sedangkan dividen adalah pengembalian yang diperoleh pemilik perusahaan (investor) dari pembagian keuntungan perusahaan sesuai dengan persentase saham yang dimilikinya.

Setiap tahun sekali dividen membagikan sesuai dengan hasil kesepakatan dalam rapat umum pemegang saham. Setelah Anda mengetahui apa itu saham, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana cara trading mudah dan profit untuk pemula.

Cara Trading dengan Mudah dan Profit untuk Pemula

Memahami apa itu saham, syarat pembelian, keuntungan yang didapat, dan risiko yang ada adalah langkah awal terpenting yang harus Anda kuasai saat bermain saham. Jika Anda tidak memahaminya, Anda mungkin salah langkah dalam berinvestasi nanti.

Dalam saham terdapat konsep high risk of high return. Intinya, semakin tinggi keuntungan yang akan Anda dapatkan, semakin besar pula risiko yang akan Anda hadapi. Anda bisa belajar bermain saham pemula di aplikasi simulasi trading yang ditawarkan oleh banyak perusahaan sekuritas.

Berikut adalah cara trading dengan mudah untuk 0emula :

Pilih Broker

Sebagai pemula pilihlah broker yang terpercaya terutama broker yang terdaftar dengan OJK. Anda juga harus memastikan bahwa broker yang Anda pilih telah terdaftar di bursa efek Indonesia dengan jelas. Hal ini berguna untuk menjaga keamanan saham yang anda miliki.

Berikut adalah contoh broker atau sekuritas terpopuler di Indonesia yang bisa anda pilih untuk trading saham agar profit :

  • Indopremier Sekuritas (IPOT)
  • Stockbit dan Sinarmas Sekuritas
  • Mandiri Sekuritas Online MOST
  • BNI Sekuritas
  • CIMB Sekuritas

Beli Saham di Broker Terpilih untuk Trading agar Profit

Sebelum membeli saham, Anda harus terlebih dahulu memilih saham mana yang ingin Anda beli. Anda bisa memilih dari beberapa pilihan broker di atas bentuk trading sehingga mendapatkan produk banyak dengan mudah dan tentunya harus profit.

Selain mempertimbangkan keuntungan saham, sebaiknya pilih saham dengan risiko paling kecil. Pertimbangkan sekuat mungkin dari resiko yang ada agar tidak mengalami kerugian yang besar. Mengingat harga saham sangat fluktuatif atau cepat berubah dalam hitungan detik yang bisa mengakibatkan kerugian besar.

Transaksi Pembelian Saham

Setelah memilih saham yang ingin dibeli, kini saatnya melakukan transaksi pembelian saham. Anda dapat download dan memakai aplikasi perdagangan saham online milik perusahaan sekuritas.

Biasanya ada langkah-langkah dalam aplikasi yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan informasi penting yang akan membantu Anda, seperti informasi pergerakan saham, informasi perusahaan, dan banyak lainnya. Atau jika perusahaan efek tidak memiliki aplikasi tersebut, Anda dapat mendatangi kantor perusahaan efek tersebut.

Pantau Kondisi Pasar dengan Teliti

Setelah semuanya selesai mengikuti cara trading agar profit di atas, Anda hanya perlu duduk dan memantau keadaan pasar. Kondisi pasar seringkali dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, sosial, dan banyak faktor lainnya.

Anda harus berhati-hati untuk memperhatikan naik turunnya harga saham di pasar sehingga Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk menjual dan kembali saham Anda.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Trading Mudah dan Profit untuk Pemula yang dipublish pada 4 December 2022 di website SinauNews

Artikel Terkait

Leave a Comment